Aiken Format pada Moodle

Pilihan import soal untuk Question Bank pada Moodle salah satunya Aiken Format? Apa itu format Aiken? Dan apa aplikasi untuk menulis Aiken Format?

Aiken format adalah file yang disimpan dalam bentuk *txt. Bukan file dari Word. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah aplikasi bawaan komputer anda yakninya Notepad.

Sayangnya, selama yang saya coba tipe soal yang bisa menggunakan Aiken Format ini adalah soal pilihan ganda. Kemudian, kelemahan lainnya yaitu sesama yang kita ketahui, untuk notepad tentu terbatas pada soal teks saja. Soal yang ada berupa gambarnya bisa dikatakan tidak terlalu mendukung disini.

Sementara untuk soal yang menggunakan persamaan matematika anda masih bisa menggunakan penulisan dengan ketentuan penulisan LateX dan Mathjax. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan soal dalam notepad agar bisa di import ke bank soal di Moodle adalah,

  1. Hindari penggunaan simbol
  2. Hindari soal soal yang ada gambarnya

Format Penulisan

Untuk penulisan soal boleh diberikan nomer. Setelah kalimat soal, ‘satu enter’ lalu pilihan a,b,c,d,e. Antara pilihan dengan pilihan berikutnya diberi 1 enter.
 
Antara soal pertama dan ke dua diberi jarak 2 enter. Sementara kunci jawaban dibberi “ANSWER: A” (tanpa tanda kutip). Bisa diperhatikan contoh penulisan di bawah ini,
Jika sudah, soal bisa langsung disimpan dalam format *txt. Juga pastikan Encoding penyimpanan dalam format UTF-8. Sementara untuk proses impor anda bisa baca: Cara Import Soal di Moodle.
 

Seperti yang sudah dikatakan di atas, format ini tidak dianjurkan bagi yang akan menggunakan soal yang memiliki terlalu banyak gambar. Jenis Course Bahasa yang dirasa tepat menggunakan cara ini. Sementara untuk soal sains seperti matematika, fisika dan kimia lebih disarankan menggunakan examview.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *