Asam Amino dan Protein Secara Umum

Pernahkah kalian minum susu? Atau makan kacang-kacangan? Dalam menu sehari-hari kalian, kadang terdapat kacang-kacangan, biji-bijian, buncis, telur ataupun daging. Anak-anak yang masih kecil biasanya sering dianjurkan oleh para ibu supaya banyak makan telur agar cepat tumbuh besar. Mengapa? Telur merupakan makanan yang banyak mengandung protein. Bahan-bahan tersebut semuanya mengandung protein. Pada artikel ini kita akan membahas materi asam amino dan protein.

Apakah protein itu? Protein merupakan polimer alam yang terbentuk dari banyak monomer asam amino yang saling berikatan satu sama lain melalui ikatan peptida dengan reaksi polimerisasi kondensasi.

Protein merupakan komponen penting atau komponen utama sel hewan dan manusia.Oleh karena sel merupakan pembentuk tubuh kita, maka protein yang terdapat dalam makanan berfungsi sebagai zat utama dalam pembentukan dan pertumbuhan tubuh. Protein yang diperoleh dari hewan disebut protein hewani, sedangkan yang diperoleh dari tumbuhan disebut protein nabati.

Tumbuhan memperoleh protein dari CO$_2$, H$_2$O, dan senyawa nitrogen. Hewan yang makan tumbuhan mengubah protein nabati menjadi protein hewani. Di samping untuk pembentukan sel-sel tubuh, protein juga dapat digunakan sebagai sumber energi apabila tubuh kita kekurangan karbohidrat dan lemak.

Protein merupakan polimer dari sekitar 20 jenis asam $alpha$-amino. Massa molekul relatifnya berkisar antara 6.000 sampai jutaan. Unsur utama penyusun protein adalah C, H, O, dan N. Banyak juga protein yang mengandung belerang (S), dan fosfor (P) dalam jumlah sedikit. Ada juga beberapa protein yang mengandung besi, mangan, tembaga, dan iodin.

 Di samping massa molekul yang berbeda-beda, protein mempunyai sifat yang berbeda-beda pula. Ada protein yang mudah larut dalam air, misalnya protein dalam putih telur. Tetapi ada juga yang sukar larut dalam air, misalnya rambut dan kuku.

Protein tersusun atas banyak asam amino yang disatukan oleh ikatan peptida. Asam amino ini merupakan turunan asam karboksilat, yaitu dengan mensubstitusi sebuah atom hidrogen dengan gugus amino. Struktur asam amino secara umum sebagai berikut:

Adapun submateri yang terkait Asam amino dan protein yang akan kita bahas yaitu :

  1.  Asam Amino
  2.  Sifat-sifat asam amino
  3.  Reaksi dan kegunaan asam amino
  4.  senyawa protein dan sifat-sifatnya
  5.  struktur protein
  6.  Penggolongan protein
  7.  Kegunaan dan reaksi pengenalan protein.
Baca juga  Polimer Secara Umum

Demikian pembahasan materi Asam Amino dan Protein dan contoh-contohnya. Silahkan baca penjelasan lebih lengkap mengenai asam amino dan protein dengan mengikuti link di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *