Cara dan Latihan Meningkatkan Daya Tahan Fisik Seorang Pemain Bola

Cara Melatih Daya Tahan Fisik Seorang Pemain Bola. Sepak Bola merupakan salah satu permainan yang menguras tenaga. Perminan sepak bola yang berlangsung selama 2 x  45 menit tentu cukup menguras tenaga, apalagi waktu istirahat yang diberikan hanya 15 menit. Jika anda melihat para pemain profesional kelad dunia seperti Christiano Ronaldo, Lampard, Ozil, dll tentu anda akan bingung bagaimana para aktor lapangan hijau ini dapat bertahan dalam waktu tersebut padahal sepanjang pertandingan mereka harus lari kesana dan ke mari. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/cara-melatih-daya-tahan-fisik.html

Mungkin di antara anda ada yang ingin menjadi pemain sepak bola yang hebat dan tangguh seperti Christiano Ronaldo, nah simak beberapa cara melatih daya tahan fisik seorang pemain bola yang kali ini akan kita bahas. Tahukah anda? Pemain sepak bola di tuntut untuk kuat, gesit, dan berjiwa pemberani, oleh karena itu daya tahan fisik menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan.

Berikut Beberapa Macam Latihan Daya Tahan Fisik Untuk Pemain Bola:

1. Pemanasan secara dinamis sebelum pelatihan
Pemanasan salah satu upaya untuk meningkatkan kekuatan seorang pemain bola bahkan cara yang tepat untuk menghindari terjadinya cidera. Selama melakukan pemanasan, perhatikan kecepatan dan gerakan dengan pemain lain. Beberapa bentuk pemanasan yang baik adalah skipping, twisting, quick starts, cutting, dll. Manfaat pemanasan akan melancarkan peredaran darah dan meningkatkan suhu tubuh. Latihan-latihan ini akan memberi kamu daya tahan yang lebih baik.

2. Jogging santai untuk daya tahan aerobik
Setelah pemanasan dinamis, lakukan jogging santai dalam waktu 5-10 menit  untuk menunjang latihan. Lanjutkan dengan lari interval dalam set pendek maupun intens dengan berlari atau jogging sehingga otot tidak akan mengalami banyak stres.

Baca juga  Pengertian dan Cara Melakukan Slam Dunk pada Permainan Basket

3. Latihan kecepatan dan berlari dalam latihan yang berbeda
Lakukan sebanyak yang anda bisa. Gunakan relay dan balapan dengan pemain lain untuk membuat anda dan pemain lain terpacu dan lebih kompetitif. Anda bisa menggunakan bola dalam melaksanakan latihan ini.

4. Pertimbangkan Waktu Istirahat
Selama melakukan latihan daya tahan jangan lupa untuk mempertimbangkan waktu istirahat. Sebaiknya jangan terlalu over, istirahatlah 15 menit untuk mereganggan otot dan memulihkan energi.

5. Lakukan urutan latihan yang tepat
Urutkan latihan dengan baik, yaitu di mulai dari pemanasan dinamis, di lanjutkan dengan latihan koordinasi dan kelincahan.

6. Atur waktu minum yang tepat
Ternyata cara minum dan waktu minum mempengaruhi daya tahan fisik. Biasakan minum dengan ukuran yang pas sebelum pertandingan. Jarak interval minum yang baik antara 15 sampai 20 menit selama pelatihan. Dengan menjaga diri terhidrasi akan mengurangi kram serta menjaga tubuh tetap fit di hari berikutnya.

7. Terapkan program Latihan Selama 6-8 Minggu
Latihan dalam waktu 6-8 minggu akan membangun kemampuan aerobik. Namun sebaiknya tetap berkonsultasi dengan pelatih anda atau dokter.

8. Jaga Asupan Nutrisi Yang Sehat
Selama melakukan latihan yang intensive, penuhi juga kebutuhan nutrisi. Karbohidrat, Protein, kalsium dan makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah wajib anda konsumsi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh tetap kuat.

Demikian cara melatih daya tahan fisik sebelum mengikuti pertandingan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *