Cara dan Teknik Pukulan Netting Dalam Permainan Bulutangkis

Pengertian Teknik Pukulan Netting Dalam Permainan Bulutangkis. Apa itu “Netting” dalam bulu tangkis? Mungkin anda sering melihat pukulan netting yang di lakukan oleh atlet bulu tangkis saat bertanding, yaitu pukuluan yang dekat dengan net. Untuk lebih memahami tentang pukulan ini mari kita bahas pengertian teknik pukulan Netting dalam permainan bulutangkis. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/pengertian-netting-bulutangkis.html

Netting di gunakan ketika salah satu pemain memancing bola atau mengoper bola mendekati tiang net. Saat itu ada kesempatan untuk mencetak point dengan mengembalikan bola ke daerah lawan dari ekat net. Terkadang netting bisa membuat satu pemain tertipu dengan pukulan ini, meskipun lambat dan sangat pelan, kemungkinan penerima bola akan sulit mengembalikannya ke arah pemain lainnya, sering kali terjadi kegagalan.
Apabila netting berhasil, di mana salah satu pemain tidak dapat mengembalikan shuttlecock maka pemain yang lain akan mendapat satu point dan berhak melakukan service. 

Apa itu Netting?
Jika kita dengan istilah “netting” tentu yang ada pada pikiran kita adalah net atau tiang jarring-jaring. Yang dimaksud Netting adalah pukulan yang di lakukan di dekat net yang di pukul dengan sentuhan halus namun akurat. Netting di lakukan supaya shuttlecock yang jatuh di bidang lawan jatuh sedekat mungkin dekat net, sehingga lawan akan sulit mengembalikan shuttlecock. Koordinasi
keseimbangan tubuh antara gerak kaki, lengan, posisi raket dan shuttlecock saat perkenaan, serta konsentrasi ketika memukul kok menjadi faktor penting agar netting yang dilakukan berhasil. Ada prinsip-prinsip dasar dalam melakukan netting yang benar agar sukses dan akurat.
 
Prinsip Dasar Saat Akan Melakukan Netting:
1. Pegang raket dengan rileks sebisa yang anda lakukan
2. Shuttlecock harus di ambil di atas atau setinggi mungkin
3. Usahakan laju shuttlecock serendah mungkin dengan bagian atas net
4. Usahakan jatuhnya shuttlecock serapat atau sedekat mungkin dengan net

Cara Latihan Netting:
 
  1. Berdirilah di belakang garis service kira-kira dua langkah dari jaring 
  2. Peganglah raket se-rileks mungkin
  3. Kejarlah shutlecock yang datang di depan jaring
  4. Posisi kaki kanan selalu berada di depan baik saat melakukan netting dengan forehand ataupun netting dengan backhand. 
  5. Agar netting lebih tipis bergulir di bidang lawan, sesaat sebelum shuttlecock tersentuh, buat tarikan kecil
  6. Secara simultan dan bergantian arah dan sasaran pukulan bisa berbentuk lurus, silang di depan net atau bisa juga mendorong shuttlecock ke arah belakang.
Teknik netting sangat penting dalam permainan bulutangkis, di mana teknik ini meberikan peluang bagi setiap pemain untuk mendapatkan 1 point tambahan. Demikianlah pengertian teknik pukulan netting dalam permainan bulu tangkis yang mungkin perlu anda ketahui sebagai wawasan terhadap bidang olaharga. Terlebih bagi para atlet bulutangkis, mengetahui teknik-teknik nettint itu menjadi suatu keharusan karena dari situlah peluang untuk mendapatkan point tambahan. 
Baca juga  Pengertian Permainan Softball Dan Sejarahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *