Cara Melakukan Gerakan Roll/ Guling Belakang Pada Senam Lantai

Cara Melakukan Gerakan Roll/ Guling Belakang Pada Senam Lantai – Senam lantai memiliki berbagai jenis gerakan seperti roll depan dan roll belakang. Bentuk dari roll belakang ini berupa berguling ke belakang badan dan bisa dimulai dengan dua awalan yakni jongkok dan berdiri. Roll belakang mungkin terdengar sederhana dan mengasyikkan, namun dalam pelaksanaannya memerlukan berbagai teknik agar tidak terjadi cedera. Cara Melakukan Gerakan Roll/Guling Belakang Pada Senam Lantai perlu diketahui sebelum melakukannya. Lalu bagaimana cara melakukan roll belakang?
http://www.tutorialolahraga.com/2015/12/cara-melakukan-roll-belakang.html

Berikut ini Cara Melakukan Gerakan Roll/Guling Belakang Pada Senam Lantai yang perlu Anda ketahui:
Sebelum masuk ke cara melakukannya, perlu Anda ketahui bahwa untuk melakukan roll belakang bisa dilakukan dengan metode umum, perseorangan, dan berpasangan. Mari kita ulas satu persatu dari metode tersebut.

Secara Umum

Cara Melakukan Gerakan Roll/Guling Belakang Pada Senam Lantai secara umum bisa dimulai dengan posisi jongkon dan kedua tangan didepan dan kaki sedikit merapat. Kemudian kepala ditundukkan dan kaki menolak kea rah belakang. Pada saat bagian pinggul mengenai matras dua tangan dilipat kesamping telingan atau telapak tangan menghadap ke bagian atas. Setelah telapat tangan menolak maka segera ayunkan kaki ke belakang melewati kepala. Dalam Cara Melakukan Gerakan Roll/Guling Belakang Pada Senam Lantai  ini dua kaki dilipat hingga ujung kaki mendarat di atas matras lalu ke sikap jongkok seperti semula.
 

Perseorangan

Cara Melakukan Gerakan Roll/Gulling Belakang Pada Senam Lantai secara perseorangan dimulai dengan posisi berdiri tegap dan kedua tangan diangkat lurus ke atas berbentuk huruf V. setelah itu luruskan pandangan mata ke depan lalu ikuti dengan menekuk dua lutut sampai posisi setengah jongkok dan tangan dalam posisi lurus ke depan. Gulingkan badan ke belakang dan posisi tangan sudah siap untuk menyanggah dan memberikan dorongan maksimal ke belakang. Nantinya pada saat berguling posisi kaki harus lurus hingga dijatuhkan jauh di atas kepala hingga keposisi berdiri.
 

Baca juga  Cara dan Latihan Meningkatkan Daya Tahan Fisik Seorang Pemain Bola

Berpasangan

Untuk Cara Melakukan Gerakan Roll/Guling Belakang Pada Senam Lantai berpasangan harus diperhatikan karena membutuhkan kekompakan. Pertama-tama orang pertama dalam posisi berdiri, dan orang kedua tidur telentang dengan posisi kaki diangkat ke atas. Cara Melakukan Gerakan Roll/Guling Belakang Pada Senam Lantai posisi berpasangan ini orang pertama harus memegang dua mata kaki orang kedua. Kemudian orang pertama menarik sekuat-kuatnya agar mendapat dorongan untuk berguling ke belakang. Lalu lakukan gulingan terus menerus. 


Beberapa Cara Melakukan Gerakan Roll/Guling Belakang Pada Senam Lantai tentu saja tidak jauh dari kesalahan gerakan. Beberapa kesalahan sering terjadi seperti dua tangan yang tidak bertumpu dengan sempurna, tumpuan tidak kuat, pada saat berguling dua tangan tidak menolak. Semoga informasi mengenai Cara Melakukan Gerakan Roll/Guling Belakang Pada Senam Lantai semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *