Cara Melakukan Teknik Fade Away Jump Shot Dalam Bola Basket

Pengertian Beserta Cara Melakukan Teknik Fade Away Jump Shot Dalam Bola Basket. Bola Basket adalah permainan olahrgara yang memiliki teknik-teknik dasar yang harus dikuasi setiap pemain dalam satu tim. Dalam permainan basket tidak lepas dari teknik jump shot atau teknik menembakan bola dengan lompatan. Kali ini akan kita bahas mengenai pengertian dan cara melakukan teknik Fade Away Jump Shot dalam bola basket, di mana teknik ini sangat penting dalam mencetak point. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/pengertian-fade-away-jump-shot.html

Perlu untuk diketahui bahwa fade away jump shoot merupakan teknik yang sangat bagus untuk shooting ketika seorang pemain dijaga oleh lawan. Jika pemain menggunakan Fadeaway dan shot, maka lawan akan susah untuk melakukan block shot dan jarak pemain dengan pemain lawan akan sedikit berjauhan sehingga mempunyai ruang kosong untuk melakukan shooting.

Pengertian Fade Away Jump Shoot 

Fade away jump shot adalah tehnik yang mendorong badan kebelakang saat melakukan shooting untuk menyulitkan lawan menghalangi jalan pemain yang sedang membawa bola. Akan tetapi, tehnik ini lumayan sulit dilakukan bagi seorang pemain pemula. Butuh keseimbangan badan, apabila tidak terjaga dengan baik bisa-bisa pemain akan terpelanting dan jatuh kebelakang. Pteknik fade away jump shot merupakan teknik yang dipakai oleh Michael Jordan dan Kobe Bryant.

Selain menguasai keseimbangan, pemain juga harus mengetahui kapan waktu yng tepat untuk melakukan fade away jump shot. Namun, yang harus dipastikan adalah bahwa pemain telah menguasai tekniknya, jika sudah menguasainya tentu akan mudah dan tidak ragu-ragu ketika melakukan fade away jump shot.

Kapan dan Bagaimana Cara Melakukan Fade Away Jump Shot 

Seorang pemain basket dapat menggunakan Fade-away jump shot ketika sang lawan yang berada sangat dekat dengan tubuh pembawa bola dan daerah saat itu dikelilingi oleh rival yang mengincar bola. Teknik ini juga dapat digunakan ketika seorang pemain menghadapi lawan yang lebih tinggi atau lebih kuat darinya. Lalu bagaimana cara melakukan fade away jump shot ini? Berikut langkah-langkahnya:
  1. Kaki pemain menginjak  di lantai dengan tumpuan kedua telapak kaki untuk memberikan dasar yang kokoh. 
  2. Tubuh sedikit menjongkok, sebagai persiapan untuk membuat momentum untuk melompat.
  3. Giring bola kemudian lakukan tembakan dengan satu tangan, sementara tangan lainnya dapat membimbing tembakan dari sisi bola.
  4. Lakukan lompatan setinggi-tingginya dengan posisi tubuh agak mundur ke belakang.
  5. Tembak bola dengan kedua lengan meluruskan.
Itulah pengertian dan cara melakukan fade away jump shot dalm bola basket. Dengan mengetahui apa itu fade away jump shot, kapan waktu untuk menggunakannya beserta teknik-tekninya tentu akan membantu siapa saja yang sedang belajar menjadi pemain basket. Untuk lebih memahami teknik shooting ini, Anda bisa mengikuti coaching intensive atau mempelajarinya dari buku-buku olahraga.  
Baca juga  Peraturan dalam Permainan Golf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *