Induk Organisasi Basket Internasional (FIBA)

Ada cukup banyak sekali berbagai macam jenis olah raga yang menggunakan bola. Salah satunya adalah bola basket, dimana olah raga jenis ini sendiri adalah salah satu olah raga yang sangat popular sekali di Amerika, kawasan Eropa dan berbagai macam negara-negara yang lainnya. Biasanya bola basket ini dimainkan oleh 2 team, dimana setiap team ini sendiri terdiri dari 5 pemain. Untuk mendapatkan yang namanya point para pemain pun harus dengan cepat memasukkan bola tersebut kedalam keranjang lawan. Untuk ukuran panjang dari lapangan bakset tersebut adalah 26 meter dengan memiliki lebar 14 meter, sedangkan ditengahnya sendiri ada 3 buah lingkaran dengan memiliki panjang jari-jari sebesar 1.8 meter. Untuk waktu permainannya sendiri  adalah 4 x 10 menit, dengan waktu istirahat yang diberikan disetiap babaknya adalah 10 menit. Untuk bolanya sendiri memiliki berat sekitar 600 hingga 650 gram dengan diameter yang dimilikinya yaitu sekitar 75 hingga 78 cm.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/07/induk-organisasi-bola-basket-internasional.html

Apa itu FIBA?

FIBA atau Federation international de baskeball ini sendiri merupakan salah satu badan atau organisasi yang mengatur olah raga basket secara internasional, dan bertempat di Jenewa , Swiss. FIBA ini sendiri pertama kali didirikan pada tanggal 18 juni 1932, dengan beberapa Negara pendirinya yaitu ada Yunani, Italia, Ragentina, Latvia, Swiss, Rumania, Portugal dan Cekoslawakia. Organisasi bakset internasional ini sendiri seirng melaksanakan berbagai macam kejuaran basket diantaranya seperti kejuaraan dunia FIBA, kejuaran bola bakset saat ada Olimpiade, berbagai macam turnament yang dilakukan antara klub dan masih banyak lagi berbagai macam turnamen yang lainnya.

Untuk di tanah air sendiri badan induk organisasi yang mengurusi olahraga basket ini sendiri disebut dengan PERBASI atau yang merupakan singkatan dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia, yang pertama kali didirikan pada tahun 1955. Dengan adanya organisai ataupun badan yang mengurusi ataupun menangani olah raga basket ini tentu saja semakin membuat berbagai macam kejuaran bola basket yang akan dilakukan baik itu antara negara atau secara lokal jadi lebih terorganasi lagi, dan tentu saja memiliki berbagai macam jenis peraturan yang harus ditaati dan tidak boleh dilanggar. Karena salah satu hal utama yang harus diterapkan saat melakukan olah raga adalah rasa sportif. Semoga saja berbagai macam ulasan ataupun info yang sudah kami berikan kepada anda ini, bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan anda tentang olah raga, terutama adalah olah raga boal basket ini, yang hingga sampai saat ini pun masih tetap menjadi salah satu olah raga favorit yang banyak dimainkan ditanah air, terutama adalah para kaum pria. Jangan lupa juga untuk tetap rutin berolah raga, supaya tubuh bisa selalu bugar dan sehat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *