Kenapa Tumbuhan Banyak yang Berwarna Hijau?

Jika kamu sering melihat globe atau foto penampakan bumi dari luar angkasa, warna apa yang mendominasi bumi? Ya, benar sekali jawabannya adalah warna birh laut. Hal ini tentu disebabkan karena 2/3 bagian bumi itu adalah laut.

 bumi

Nah, jika kamu memandang daratan pada benua benua di bumi, kamu akan sadar bahwa warna yang paling banyak terlihat adalah hijau bukan. Warna hijau ini berasal dari tanaman tanaman yang hidup di daratan bumi.

Pernahkah kamu bertanya tanya kenapa sih warna tanaman itu hijau? Mari kita cari tahu, karena semakin banyak tahu akan semakin banyak ilmu. He he he

Dalam daun kita mengenal zat yang diaebut klorofil atau zat warna hijau daun. Klorofil yang terkandung dalam sebuah daun saja sangat banyak sehingga mendominasi warna daun menjadi hijau.

klorofil
Sumber : Wikipedia

Klorofil juga merupakan zat yang dapat menangkap cahaya matahari kemudian mengikatnya. Cahaya matahari adalah r energi bagi tanaman untuk dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Proses ini terjadi pada setiap tanaman yang ada di permukaan bumi mulai dari lumut yang sangat sederhana, semak belukar ataupun pohon pohon besar yang kompleks.

Sinat matahari yang dipancarkan ke bumi memiliki warna yang berbeda beda. Warna nya tergantung pada panjang gelombang sinar matahari tersebut yaitu antara 400 – 700 nm. Tanaman menyerap cahaya merah dan biru daru sinar matahari tetapi cahaya hijau tidak. Cahaya hijau yang mengenai daun akan terpantul kembali sampai ke mata manusia, sehingga kita melihat warna daun itu adalah hijau.

Ketika musim dingin tiba, warna daun tanaman tampak berubah menjadi kuning atau merah. Kenapa hal ini terjadi?

Baca juga  28 Fakta Menarik Tubuh Manusia yang Jarang Orang Tahu

Perubahan warna daun dari hijau menjadi merah atau kuning disebabkan oleh tanaman tersebut berhenti memproduksi klorofil. Sehingga tidak ada cahaya matahari yang diserap oleh tanaman. Klorofil pada musim dingin juga dapat menghilang karena terurai oleh matahari ketika tanaman mulai tidak memproduksinya lagi. Akhirnya daun jatuh ke tanah dengan warna umumnya adalah merah dan kuning.

Adakah yang Penasaran Lagi Kenapa Tanaman Itu Warna Daunnya Hijau? Kenapa Tidak Ungu atau Hitam Saja?

Ada dua teori tang menjelaskannya. Ini bukan teori konspirasi ya. Wkwkwkw

Teori 1
Katanya di lautan itu banyak mengandung mikroba mikroba kecil yang disebut dengan archaea. Mikroba ini menggandung sel yang dapat menyerap cahaya hijau dan ungu dari sinar matahari sehingga jika ini terjadi, maka warna bumi akan didominasi oleh warna ungu.

Tetapi, walaupun klorofil hanya menyerap sedikit cahaya matahari, cara kerja klorofil jauh lebih dominan dan efektif dibandingkan archaea sehingga warna hijau tetap dipantulkan oleh daun dan membuatnya tetap berwarna hijau.

Teori 2
Teori ini mengatakan bahwa jika daun menyerap terlalu banyak cahaya maka itu tidak akan baik terhadap tanaman. Hal ini sama saja jika kita terkena cahaya matahari belebih dapat membakar kulit. Jadi dengan sedikit menyerap cahaya akan membuat tanaman mendapatkan manfaat yang lebih.
Article base on zmesscience.com with title why are plants green.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *