Keterangan Macam-Macam Posisi Pemain Bola Basket Berdasarkan Tugasnya

Keterangan Macam-Macam Posisi Pemain Bola Basket Berdasarkan Tugasnya. Bola Basket adalah permaianan yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing memiliki 5 orang anggota. Dalam permainan bola basket ada beberapa hal yang harus di pahami, yaitu tentang teknik bermain, tentang fasilitas dalam permainan basket dan tentunya posisi-posisi beserta tugas pemain yang ada di dalam tim basket. Bagi anda yang belum mengetahui tentang posisi-posisi dan tugas pemain basket, maka pelajari selengkapnya di sini.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/macam-macam-posisi-pemain-basket.html

Di sini, akan lebih spesifik membahas tentang Keterangan Macam-Macam Posisi Pemain Bola Basket Berdasarkan Tugasnya. Dengan mengetahui posis beserta tugas pemain dalam satu tim basket akan memudahkan proses jalannya pertandingan. Setiap posisi akan di tentukan berdasarkan postur tubuh dan keahlian yang dimiliki seorang pemain basket. Maka dari itu sebelum mengikuti pertandingan biasanya sebuah tim basket akan melakuakan latihan untuk mengetahui skill masing-masing pemain sehingga dapat ditentukan posisi-posisi masing-masing pemain.

3 Posisi Pemain Bola Basket Berdasarkan Tugasnya

1. Guard

Posisi Guard ini di berikan kepada pemain yang memiliki postur tubuh cenderung lebih besar, tinggi dan kuat. Seorang guard sangat penting karena berperan besar dalam sistem pertahanan. Posisi guard adalah di luar key hole atau perimeter area. Adapun tugas seorang guard adalah menjaga area timnya dan ringnya dari incaran dan penyusupan lawtugasnya, guard dibedakan menajdi dua posisi yaitu: 

  • Point Guard

Point guard bertugas mengatur permainan dengan membentuk strategi yang akan di gunakan dengan menerapakan pola=pola permainan yang telah dipelajari oleh timnya. Posisi ini di isi oleh pemaian yang memiliki kemampuan dribble paling baik. Point guard mengatur serangan sehingga seharusnya posisi ini menjadi yang terdepan dalam meberikan assist di dalam timnya. 

  • Shooting Guard

Seorang shooting guard adalah pemain yang bertugas membawa bola mengalir di dalam serangan serta menjadi salah satu penembak utama di dalam timnya.

Baca juga  Tarikan Senar Raket Badminton yang Ideal

2. Forward

Posisi ini adalah seorang pemain yang bertugas melihat posisi kosong di dekat key hole untuk melakukan penetrasi ke dalam dan menerima passing kemudian melakukan drive ke dalam. Seorang forward biasanya bertubuh tinggi dan kuat. Tugas utamanya adalah melakukan rebound dan bekerja keras di point area. Pemain yang berada di posisi ini harus memiliki kemampuan menembak level medium.

3. Center

Center atau yang sering disebut Big Man adalah pemain yang posturnya paling tinggi dan besar di dalam timnya. Tugas utamanya adalah melakukan rebound dan bermain di area key hole. Seorang center harus dapat memperjuangkan rebound dan bermain di bawah ring.

Keterangan dan macam-macam posisi pemain bola basket berdasarkan tugasnya yang sudah di jelaskan di atas cukup jelas. Semoga bermanfaat untuk siapa saja yang membaca artikel ini, tentunya akan menambah wawasan mengenai dunia olahraga khususnya basket. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *