Latihan Cara Meningkatkan Kecepatan Lari Sprint Pesepakbola

Latihan Cara Meningkatkan Kecepatan Lari Sprint Pesepakbola. Lari Sprint merupakan salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan fisik seorang pemain sepak bola. Sebenarnya apa itu lari sprint? Lari Sprint adalah lari dengan kecepata tinggi dalam waktu singkat untuk meningkatkan daya ledakan ketika menendang bola. Kalau kita lihat musin-musin pertandingan di dunia, maka akan banyak pemain-pemain profesional yang mulai berlatih beberapa bulan sebelum pertandingan. Lari sprint adalah bentuk latihan yang harus dilakukan setiap pemain sepak bola karena erat kaitannya dengan kekuatan kaki. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/latihan-meningkatkan-kecepatan-lari.html

Lari sprint memang lari jarak pendek, namun bagaimana cara untuk meningkatkan kecepatannya? Mari kita bahas latihan cara meningkatkan kecepatan lari sprint pesepakbola melalui beberapa cara yang ada di bawah ini:

Berikut ini beberapa bentuk latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan gerak:

  • Lari cepat (sprint) dengan jarak 40 sampai 60 meter 
  • Berlatih lari dengan mengubah-ubah kecepatan (Dari lambat kemudian dipercepat secara mendadak, kemudian diperlambat lagi, dipercepat lagi, dan seterusnya)
  • Lari sprint secara berulang-ulang lima kali dengan jarak 10 meter
  • Lari sprint berulangulang tiga kali dengan jarak 20 meter
  • Lari sprint berulang-ulang dua kali dengan jarak 25 meter
  • Lari naik turun bukit
  • Lari menaiki tangga.

Memperbaiki Teknik Lari Sprint

Selain berlatih, memperbaiki teknik berlari juga perlu di lakukan agar kecepatan sprint seorang pemain sepak bola dapat meningkat. Berikut trik-trik memperbaiki teknik lari sprint:
1. Bertumpu Pada Bola Kaki
Cobalah berlari tanpa alas kaki dan bertumpu pada bola kaki, ini akan membantu meningkatkan kecepatan lari.
2. Perbanyak Langkah
Langkah dapat diperbanyak dengan cara melangkah dengan jarak yang lebih pendek, ini akan lebih baik dalam meningkatkan kecepatan lari di bandingkan melangkah dengan jarak yang lebat. Lagkah yang terlalu lebar akan membuat postur tubuh menjadi salah. Selain itu, berlari dengan langkah yang pendek akan menjaga anda dapat bernapas dengan baik.
3. Condongkan Tubuh Sedikit Ke Depan
Miringkan sedikit tubuh akan membantu anda lari cepat. Posis tubuh yang tidak condong ke depan adalah salah satu penyebab lari menjadi lambat.
4. Gerakan Lengan
Gerakan lengan akan memompa kaki dan menggerakan tubuh ke depan. Bentuk huruf L dengan tangan. Telapak tangan di kepal lalu di tarik sampai ke dagu dan ditarik kembali dengan siku.
5. Dorong Bandan
jangan memperlambat lari saat sprint. Terus dorong tubuh anda  ke depan agar kecepatan meningkat. Bila perlu lakukan sprint dengan sedikit lambat kemudian tingatkan kecepatan sedikit-demi sedikit dengan cara mencondongkan tubuh ke depan.
6. Bernapas Dengan Baik
Selaraskan napas dengan langkah anda. Ketika otot terasa lelah, bernafas lebih dalam. Tarik napas setiap bersaamaan saat anda bergerak, karena ini akan menghindari anda dari lelah dan kehabisan napas yang akan membuat kecepatan lari menurun.

Baca juga  Cara dan Latihan Meningkatkan Daya Tahan Fisik Seorang Pemain Bola

Demikian latihan cara meningkatkan kecepatan lari sprint pesepakbola. Latihan ini sangat baik di lakukan beberapa minggu sebelum pertandingan di mulai. Lakukan ketika sedang berlatih dengan tim karena akan lebih menyenangkan sehingga lebih membuat anda bersemangat.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *