Latihan dan Cara Meningkatkan Akurasi Shooting Bola Basket

Cara Meningkatkan Akurasi Shooting Bola Basket. Pada permainan bola basket, shooting adalah bagian yang sangat penting dalam mencetak point. Shooting merupakan teknik dasar bermain bola basket yang harus dikuasai oleh seorang pemain professional. Melakukan shooting tidaklah mudah seperti apa yang di bayangkan, ada teknik-tekniknya dan strategi tersendiri yang harus diketahui oleh pemain. Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bermain basket dan tentunya kemampuan kamu melakukan shooting, maka wajib mempelajari cara meningkatkan akurasi shooting bola basket yang ada di sini. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/cara-meningkatkan-akurasi-shooting-basket.html

Namun sebelum kita bahas cara meningkatkan akurasi shooting, apa sih sebenarnya shooting itu sendiri? Shooting atau yang sering disebut tembakan pada permainan bola basket adalah tembakan langsung ke ring basket lawan yang dilakukan untuk mencetak point. 
Untuk mendapatkan hasil shooting atau tembakan yang cepat dan akurat perlu dilakukan latihan yang cukup keras dan berkali-kali. Bagi seorang pemain basket professional pun harus tetap melakukan latihan sebelum pertandingan sebenarnya dilakukan. 

5 Cara Meningkatkan Akurasi Shooting
Berikut ini adalah 6 cara yang disarankan untuk meningkatkan akurasi shooting seorang pemain penyerang dalam basket:
1. Berlatih Shooting Dari Jarak Jauh dan Dekat
Coba latihan dari titik 90 derajat kemudian turun ke sudut 45 derajat lalu ke 0 derajat atau di samping ring. Cara ini akan meningkatkan focus mata yang juga sangat berpengaruh terhadap akurasi shooting.
 
2. Perbanyak Latihan Shoot
Setelah berlatih dari jarak jauh sampai dekat, maka lakukan latihan secara berturut-turut hingga beberapa kali sampai mahir.
 
3. Latihan Kekuatan Tangan
Shooting dilakukan dengan tangan, sehingga tangan harus memiliki kekuatan dan akurasi. Akurasi shooting ditentukan oleh tanggan pemain saat shoot bukan mata pemain. Untuk melatih kekuatan tangan dapat dilakukan dengan cara latihan memegang botol lalu gerakan pergelangan tangan naik turun.
 
4. Latihan Meningkatkan Tinggi Lompatan
Seorang shooter memang paling baik adalah pemain yang memiliki postur tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk pemain yang bertubuh sedang. Akurasi shooting yang dipengaruhi oleh tinggi badan tentu masih dapat di atasi. Pemain bisa saja berlatih skipping tali untuk melatih kekuatan kaki. Jangan lupa untuk melatih kekuatan kaki dengan bermain basket langsung di lapangan.
 
5. Melatih Kekuatan Drive
Untuk melatih kekuatan drivelatihan drible dari ujung lapangan ka ujung yang lain dengan speed dribel. Gunakan 1 tangan kemudian ketika balik gunakan tangan yang lain, misalnya misal berangkat pakai tangan kanan pulang pakai tangan kiri. Drible yang baik adalah tipe putus-putus, drible ini akan memudahkan pemain untuk melakukan passing atau shooting jika waktu drive ditutup oleh lawan memblocking arah drible pemain ke ring.
 
Latihan Crossover Drible
Berlatih crossover drible akan mempermudah pemain untuk merubah arah ketika melakukan drive dan untuk menghindari blocking lawan. 
k“.
Baca juga  Teknik Dasar dan Cara Melakukan Set Shoot Dalam Permainan Bola Basket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *