Lengkap – 30+ Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru

30+ Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru – Hai adik adik yang baik, kali ini kakak ingin membagikan beberapa contoh soal yang mungkin adik adik butuhkan untuk dijadikan sebagai bahan latihan sebelum menghadapi Ulangan Tengah Semester atau Penilaian Tengah Semester dari sekolah. Nah kakak menyediakan sekitar 30 soal Bahasa Indonesia yang berbentuk Pilihan ganda. Selamat mengerjakan.

Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs

30+ Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru – Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA…

Berikut bospedia memberikan Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs
Berikut bospedia memberikan Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.


22. Di bawah ini kalimat yang paling tepat adalah …
A. Ibu guru kami akan berangkat keJambi.
B. Nanti malam kami akan belajar kelompok kerumah Ita.
C. Ima baru datang dari Sekolah sejak siang tadi.
D. Setiap Sabtu kami mengikuti kegiatan di sekolah.
23. Jarak antara kami dan spanduk yang berlatar hijau itu lima meter. (menangkap makna)
Kata hubung intra kalimat yang dipergunakan dalam kalimat di atas kurang tepat. Kata hubung yang tepat digunakan adalah ….
A. atau
B. pada
C. dengan
D. sampai
24. Cermati kutipan berikut!
(1) Terkadang hal yang begitu menyenangkan, dapat menjadi sebuah musibah, yang begitu menegangkan. Itulah, yang kualami satu bulan yang lalu. (2) Hari yang begitu menyenangkan untukku dan teman-temanku. (3) Saat itu liburan telah tiba dan kami, memutuskan untuk menghabiskannya di sebuah tempat hiburan. (4) Dengan begitu senang, aku berjalan dengan semangat.
Kalimat yang ditulis dengan tanda baca yang benar adalah kalimat …..
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Bacaan kutipan berikut untuk soal nomor 25 dan 26.

Kini anak cenderung menjadikan ibu sebagai orang yang dapat memenuhi segala kebutuhannya atau orang yang paling dekat dengan dirinya. Selain sebagai pelindung, ibu juga menjadi sosok teladan bagi anak-anaknya. Dengan demikian, perkembangan kepribadian anak bermula dari keluarga, kemudian anak mengambil nilai-nilai yang ditanamkan keluarganya, baik secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini, orang tua hendaknya menjadi contoh yang positif bagi anak-anaknya. Meskipun anak bisa mengambil contoh orang lain, tetapi ibu tetap sosok terdekat dengan dirinya.

25. Kata hubung antar kalimat dalam teks di atas terdapat adalah ….
A. dengan demikian
B. selain sebagai
C. meskipun
D. tetapi
26. Kata hubung intra kalimat yang terdapat dalam kutipan di atas adalah …..
A. kemudian, tetapi, meskipun
B. dengan demikian, meskipun, tetapi
C. dengan demikian, kemudian, atau
D. bagi, dalam hal ini, kemudian
27. Perhatikan kutipan teks berikut!

Pak Lebai adalah seorang guru agama yang hidup di tepi sungai di sebuah desa di Sumatra Barat. Pada suatu hari ia mendapat ia mendapat undangan pesta dari dua orang kaya yang tinggal di desa-desa tetangga.

Pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan. Pak Lebai mempertimbangkan untung rugi kedua undangan tersebut. Ia berpikir bahwa kalau ia pergi ke hulu sungai tuan rumah akan memberinya hadiah dua kepala kerbau. Kalau ia pergi ke hilir sungai, ia akan mendapat hadiah satu kepala kerbau yang dimasak dengan enak. Ia juga kenal betul dengan tuan rumah. Pak Lebai berpikir keras untuk mendapatkan semuanya.
Ringkasan teks di atas yang paling tepat adalah …
A. Pak Lebai mendapat dua undangan pesta dengan waktu yang bersamaan. Dia memilih salah satu undangan yang paling menguntungkan dirinya.
B. Pak Lebai mendapat dua undangan pesta yang diadakan pada waktu yang sama dari desa tetangga. Dia berpikir keras bagaimana caranya agar mendapatkan dua-duanya.
C. Pak Lebai mendapat dua undangan pesta dengan waktu yang bersamaan. Dia mencari waktu yang tepat untuk bisa menghadiri dua undangan tersebut.
D. Pak Lebai tidak mendapatkan apa yang diharapkan. Dia kehilangan kepala kerbau dan kue-kue yang enak.
28. Sifat yang dimiliki oleh Pak Lebai adalah ….
A. bijaksana
B. pelupa
C. penakut
D. serakah
29. Perhatikan kutipan berikut!
Kami tiba di stadion tepat pukul 9 malam. Tribun telah penuh oleh undangan. Satu jam berikutnya acara dimulai. Sesuai dengan undangan yang kami terima, acara dibuka oleh Gubernur DIY. Pada saat hiburan ditampilkan, semua penonton merasa puas. Acara malam itu sangat meriah. Kamipun pulang setelah pertunjukkan kembang api sebagai akhir kegiatan.
Kekurangan kutipan teks eksemplum di atas adalah ….
A. menggunakan kata ganti kami
B. tidak ada alur kegiatan yang jelas
C. bersumber dari pengalaman penulis
D. tidak terdapat insiden yang tidak diharapkan
30. Perbaikan kutipan teks di atas agar menjadi lebih baik adalah …..
A. menghilangkan kalimat kedua
B. mengganti kata pada saat dengan kata ketika
C. mengganti kata kami dengan kata ganti saya
D. menghilangkan kata semua dan memisahkan pun dari kata kami.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 30+ Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

Baca juga  Lengkap - 30+ Contoh Soal UTS FIQIH kelas 5 SD/MI Semester Ganjil Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *