Lengkap – 30+ Contoh Soal UTS/PTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru

30+ Contoh Soal UTS/PTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru – Adik adik dimana saja berada, kali ini kakak ingin membagikan sedikit tentang Soal Ulangan Tengah Semester atau soal Penilaian Tengah Semester dari mata pelajaran Seni Budaya. Soal ini berjumlah 30 soal yang berbentuk pilihan ganda dan belum termasuk dengan kunci jawaban, semoga dengan adanya soal ini bisa membantu adik adik untuk mendapatkan nilai yang diinginkan. Selamat mengerjakan.

Soal UTS/PTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs

30+ Contoh Soal UTS/PTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru – Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS/PTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UTS/PTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA…

Berikut bospedia memberikan Soal UTS/PTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs
Berikut bospedia memberikan Soal UTS/PTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.

4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

1. Suatu cabang seni rupa yang hasil karyanya lebih mengutamakan unsur estetis atau keindahan adalah ….
A. seni kriya
B. seni ornamen
C. seni murni
D. seni relief
2. Salah satu contoh dari hasil karya seni murni adalah ….
A. keramik
B. lukisan
C. kolase
D. origami
3. Menurut bentuknya seni rupa terbagi menjadi ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
4. Suatu corak ragam seni murni di Indonesia yang lahir pada masa prasejarah adalah ….
A. klasik
B. natural
C. modern
D. primitif
5. Affandi adalah seorang maestro lukisan dari Indonesia dalam aliran ….
A. ekspresionisme
B. kubisme
C. impresionisme
D. naturalisme
6. Salah seorang pelukis mancanegara yang merupakan pelopor lukisan aliran kubisme adalah ….
A. Imanuel kant
B. Michael Angelo
C. Leonardo davinci
D. Pablo Picaso
7. Pelukis dari nusantara yang memiliki aliran romantisme adalah ….
A. Affandi
B. Popo Iskandar
C. Joko Pekik
D. Raden Saleh
8. Tujuan yang paling mendasar dari pembuatan karya seni murni adalah semata-mata untuk memenuhi .…
A. apresiasi
B. fungsionalitas
C. estetis
D. improvisasi
9. Faktor yang paling diutamakan dalam pembuatan sebuah lukisan adalah ….
A. ekspresi
B. manfaat
C. keuntungan
D. simbolis
10. Suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah ….
A. seni musik
B. seni tari
C. seni rupa
D. seni teater
11. Corak seni murni daerah yang memiliki ciri-ciri sangat detail, rumit dan dramatis adalah ….
A. klasik
B. primitif
C. pop art
D. visual art
12. Ciri-ciri yang paling mendasar dari lukisan aliran kubisme adalah ….
A. objek berbentuk geometris
B. objek menggambarkan alam mimpi
C. objek hasil imajinasi
D. objek tidak mudah dipahami
13. Ciri-ciri dari lukisan ekspresionisme adalah ….
A. objek menggambarkan alam mimpi
B. objek tidak mudah dipahami
C. objek mengungkapkan curahan hati
D. objek hasil imitasi
14. Lukisan yang menggambarkan suasana alam mimpi adalah ….
A. ekspresionisme
B. naturalisme
C. impresionisme
D. surealisme
15. Tema yang tepat untuk lukisan yang mengambarkan kegiatan orang sedang berburu binatang adalah ….
A. alam
B. kegiatan
C. diri sendiri
D. orang lain
16. Lukisan yang menggambarkan keadaan dan kegiatan manusia di alam sekitarnya adalah ….
A. lukisan ekspresionisme
B. lukisan naturalisme
C. lukisan impresionisme.
D. Lukisan realisme.
17. Teknik pewarnaan yang paling tepat digunakan dalam membuat lukisan dengan menggunakan media crayon adalah ….
A. teknik gosok/dusel
B. teknik pointili.
C. teknik plakat
D. teknik sapuan basah
18. Ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media nada baik dari suara manusia maupun alat musik disebut ….
A. lagu
B. puisi
C. pantun
d. syair
19. Titik balik perkembangan musik di Indonesia terjadi pada tahun ….
A. 1945
B. 1955
C. 1950
D. 1960
20. Berikut nilai yang tidak terkandung dalam permainan musik ….
A. bisnis
B. keindahan yang tinggi
C. estetis
d. komunikasi
21. Musik yang berkembang di negara India, Pakistan, Bangladesh adalah jenis musik ….
A. bebas
B. Hindustan
C. dangdut
D. Melayu
22. Naik turunnya nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendahnya atau naik turunnya disebut …..
A. birama
B. harmoni
C. dinamika
D. melodi

23. Jenis musik yang berkembang di Cina, Korea, dan Jepang adalah ….
A. dangdut
B. Melayu
C. Hindustan
D. oriental
24. Flute merupakan alat musik khas dari negara ….
A. Arab
B. India
C. Cina
D. Jepang
25. Rebana merupakan alat musik yang berasal dari negara ….
A. Arab
B. India
C. Cina
D. Jepang
26. Negara yang memiliki ragam musik-musik Hindustan di bagian utara dan selatan karnatik adalah ….
A. Arab
B. India
C. Cina
D. Jepang
27. Lagu yang berasal dari negara Malaysia menggunakan bahasa ….
A. Jepang
B. Melayu
C. Mandarin
D. Korea
28. Bahasa yang digunakan dalam syair-syair lagudari China adalah . . . .
A, Indonesia
B. Mandarin
C. Jepang
D. Melayu
29. Syair lagu Kuch kuch Hota Hai berasal dari negara ….
A. India
B. Jepang
C. Indonesia
D. Korea
30. Musik dangdut memiliki ciri khas dari instrumen musiknya yang lebih menonjolkan kepada….
A. terompet
B. gitar
C. piano
D. gendang


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 30+ Contoh Soal UTS/PTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

Baca juga  Soal Fungsi Kuadrat dan Pembahasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *