Macam-Macam Teknik Dasar Permainan Tenis Lapangan Beserta Gambarnya

Macam-Macam Teknik Dasar Permainan Tenis Lapangan Beserta Gambarnya. Setiap permainan tentu memiliki teknik untuk bisa di permainakan oleh setiap orang. Teknik ini harus bisa di dalami oleh para pemain agar benar-benar menguasai permainan. Ada beberapa macam-macam teknik dasar permainan tenis lapangan beserta gambarnya yang akan kami berikan untuk anda bisa memahami dengan mudah. Teknik dalam permainan tenis lapangan ini memang harus di pahami oleh setiap pemain sebelum memainkan dengan benar. Tujuan dari adanya teknik ini untuk meminimalisir terjadinya sebuah pelanggaran. Maka dari itu anda harus megetahuinya sebelum memainkan permainan tenis lapangan yang di lakukan di lapangan dengan menggunakan raket dan bola. Permainan tenis lapangan ini tidak jauh berbeda dengan permaian tenis meja. Hanya yang memedakan ialah ukuran dari lapangan dalam permainan ini. selebihnya sama memerlukan raket, bola, dan juga net sebagai perbatasan lapangan dari sisi lawan dan kita. Jika anda ingin mengetahui bagaimana teknik dasar dari permaian tenis lapangan ini anda bisa terus menyimaknya, karna di sini saya akan memberi taunya secara sederhana agar bisa di pahami oleh siapapun.

Berikut macam-macam teknik dasar permainan tenis lapangan beserta gambarnya :
1. Teknik atau Cara memegang raket
http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/teknik-dasar-tenis-lapangan.html
Gambar. Grip raket tenis lapangan

a. Forehand eastern
Eastern merupakan cara memegang raket yang sangat mudah untuk dilakukan oleh para pemula yang ingin belajar tenis. Forehand eastern grip ini juga kerap kali disebut dengan
“grip berjabat tangan”. Pegangan raket jenis ini bisa memberikan variasi pukulan yang lengkap, seperti flat, slice ataupun spin.
b. Continental
Jenis grip yang satu ini adalah grip klasik yang biasa digunakan oleh para pemain tenis jaman dulu ketika masih menggunakan raket kayu. Tangan berada pada posisi tepat diatas gagang raket, sedangkan posisi pangkal dari telunjuk berada pada sudut 1 (bagi pemain tangan kanan) atau pada sudut 4 (bagi pemain tangan kiri/ kidal).
c. Western
Grip western adalah grip yang biasa dipakai terutama ketika akan melakukan pukulan topspin. Grip ini juga bisa disebut sebagai grip saat memegang wajan. Karena cara memegang raket dengan grip western ini seperti ketika kita memegang gagang panci atau wajan masakan. Dimana posisi dari pangkal telunjuk berada pada sisi bawah dari gagang raket.
 
2. Teknik atau sikap menerima servis
Sikap menerima servis merupakan sebuah sikap siap yang biasa dilakukan pemain tenis ketika bola servis akan dilakukan oleh pihak lawan.
 
3. Macam-macam teknik pukulan dalam permainan tenis lapangan
http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/teknik-dasar-tenis-lapangan.html
Gambar pukulan forehand & backhand

a. Forehand drive adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan menghadapkan telapak tangan ke arah depan.

b. Backhand drive adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan menghadapkan telapak tangan ke arah belakang, dan punggung tangannya ke arah depan.

c. Servis adalah pukulan yang dilakukan pertama kali untuk mengawali sebuah permainan tenis.
http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/teknik-dasar-tenis-lapangan.html
Gambar. pukulan servis tenis lapangan

d. Pukulan volley adalah sebuah pukulan forehand ataupun backhand yang dilakukan sebelum bola memantul di lapangan. Pukulan ini biasa dilakukan setelah melakukan smash.
http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/teknik-dasar-tenis-lapangan.html
Gambar pukulan volley

e. Pukulan melambung (lob) adalah sebuah teknik pukulan dimana bola dilambungkan tinggi kearah belakang lawan.
http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/teknik-dasar-tenis-lapangan.html
Gambar pukuan lob (pukulan melambung)

f. Pukulan smash adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan sangat keras untuk menghantamkan bola ke arah lapangan sang lawan. Pukulan smash dilakukan ketika bola berada diatas kepala.

http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/teknik-dasar-tenis-lapangan.html
Gambar pukulan smash


g. Pukulan chop/ slice adalah pukulan forehand ataupun backhand dimana kepala raket agak dimiringkan sedikit lalu bola dipukul dengan cara mengayunkan raket dari atas ke bawah.
http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/teknik-dasar-tenis-lapangan.html
Gambar pukulan slice/ chop

Nah itulah macam-macam teknik dasar permainan tenis lapangan beserta gambarnya yang telah kami jabarkan. Teknik-teknik di atas perlu di kuasai sebelum anda memainkan permainan tenis lapangan. Teknik di atas merupakan teknik dasar bukan teknik berat yang memang harus di lakukan dalam ajang perlombaan.  
Baca juga  Ukuran Standar Lapangan Bulutangkis Beserta Bidang Permainan Untuk Partai Tunggal Dan Ganda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *