Macam Macam Teknik Pola Pertahanan (Defensive) Bola Basket

Macam Macam Teknik Pola Pertahanan (Defensive) Bola Basket. Apa yang dimaksud dengan pola pertahanan dalam permainan bola basket? Mungkin bagi anda yang belum pernah mengikuti pertandingan basket, tentu masih belum memahaminya. Untuk itu akan di bahas macam-macam teknik pola pertahanan (defensive) bola basket. Tujuan mempelajari pola pertahanan bagi seorang pemain basket adalah agar mengetahui bagaimana bertahan pada daerah pertahanannya dan bagaimana menghindari serangan lawan.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/pola-pertahanan-bola-basket.html

Yang dimaksud dengan Pola Pertahanan adalah suatu usaha yang dijalankan oleh tim bertahan dalam rangka menghalau serangan lawan. Macam-Macam Pola pertahanan adalah sebagai berikut:
 

1. Sikap Jaga

Sikap jaga untuk mempertahankan daerah pertahanan di ladengan kukan kedua lutut ditekuk, sementara badan sedikit condong ke depan dengan punggung hampir lurus. Saat itu juga, mata harus bergerak mengawasi gerak lawan dan bola. Pemain juga harus berdiri sedikit pada ujung-ujung kaki dan selalu menjaga keseimbangan tubuh. Kemudian, rentangkan dan angkat tangan untuk menghalangi operan dan pandangan tembakan lawan.


2. Olah Kaki

Saat melakukan olah kaki, jangan sekali-kali mengadakan langkah silang. Ambillah jarak lebih cepat selangkah dalam mengikuti penggiring. Rapatkan dan cegahlah lawan yang akan menembak bola. Hadang dan tutuplah jalan pemotong yang menuju ke daerah basket. Ingat, jangan meloncat sebelum pemain lawan meloncat lebih dulu. Untuk menghindari tipuan pandanglah pinggang lawan.
 

Macam-Macam Bentuk Pertahanan

1. Pertahanan Daerah
Setiap pemain diberi tugas menjaga daerah tertentu. Susunan pertahanan daerah adalah 2-1-2; 2-3; 3-2; 1-2-2 dan 2-2-1. Tiap susunan pertahan memiliki kelemahan dan kekuatan masing-masing. Pertahanan daerah sangat menguntungkan apabila di isis oleh pemain-pemain yang tinggi besar namun gerakannya lamban. 

2. Pertahanan Satu Lawan Satu
Pertahanan satu lawan satu merupakan pertahanan dengan menugaskan setiap orang untuk menjaga seorang lawan. Pertahanan satu lawan satu di golongkan menjadi beberapa macam seperti berikut:
a. Pertahanan Satu Lawan Satu dengan Tetap
Pertahanan satu lawan satu dengan tetap, posisi penjaga harus tetap menjaga satu orang lawan. Berikan jalan kepada pemain yang di bayangi dengan merapat atau melonggarkan jarak penjagaannya dalam jarak setengah langkah untuk memelihara ketetapan jaga pemain pembayang
b. Pertahanan Satu Lawan Satu dengan Pergantian
Jika terjadi pembayangan penjaga, maka dapat mengadakan pergantian jaga. Diperlukan latihan-latihan khusus, dan apabila bila menghendaki pergantian jaga, maka salah satu penjaga yang melakukan pembayangan menyentuh kawannya atau memberikan kode untuk mengadakan langkah-langkah pergantian.
c. Pertahanan Satu Lawan Satu dengan Penolong
Pertahanan ini dibentuk ketika dalam penjagaan satu lawan satu terjadi kebobolan dari salah seorang penjaga dengan tujuan untuk menutup lawan yang menerobos sampai penjaga yang kebobolan tadi siap untuk menjaganya kembali.
Baca juga  Penjelasan Macam-Macam Gaya Renang Beserta Gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *