Macam-Macam Unsur Gerakan Dalam Senam Lantai

Macam-Macam Unsur Gerakan Dalam Senam Lantai. Senam lantai ini sendiri merupakan nomor pertama yang biasanya dipertandingkan bagi para pesenam. Selain itu juga senam lanati ini merupkan salah satu jenis senam yang paling menarik untuk ditonton. Karena berbagai macam gerakannya yang begitu menawan serta bsia menghipnotis bagi para penontonnya. Namun ada berbagai macam unsur gerakan dalam senam lantai inu. Berikut kami  akan mencoba untuk mengulas beberapa dari macam-macam unsur gerakan dalam senam lantai, diantaranya yaitu :
http://www.tutorialolahraga.com/2015/11/macam-macam-unsur-gerakan-senam-lantai.html

  • forward roll

untuk unsur gerakan pertama yang ada pada senam lantai ini adalah forward roll atau yang sering juga disebut dengan guling depan. Berikut adalah beberapa tahapan yang dilakukan.
  1. berdiri tegak , lalu kemudian tangan harus lurus diletakkan disamping tubuh 
  2. kedua tangan diangkat kedepan, lalu badan dibungkukkan, dan kedua telapak tangan diletakan diatas matras.
  3. siku diletakkan kedepan, lalu kepala dimasukkan diantara kedua tangan.
  4. berguling kedepan
  5. kemudian kedua lutut dilipat, tariklah dagu serta dada dengan posisi tangan yang merangkul lutut.
  6. lalu sikap akhir adalah guling kebagain depan, dan kemudian jongkok lalu berdiri tegak.

  • backdward roll

kemudian ada yang namanya backward roll atau yang sering juga disebut dengan guling belakang. Beriku adalah tahapannya.
  1. jongkok, lalu kedua siku tangan menghadap kebagian atas dengan dekat telinga, dagu serat lutut tarik kebagian dada. 
  2. gulingkan badan kebagian belakang hingga bahu menyentuh bagian matras. Lalu lutut dan dagu ini tetap mendekat dada, telapak tangan yang juga dekat dengan telinga.
  3. kemudian bahu menyentuh matras, dan kedua  tangan menyentuh bagian matras, lalu gerakan kaki dijatuhkan ke bagian belakang kepala.
  4. doronglah lengan kebagian atas. 
  5. lalu lakukan jongkok dengan lengan yang lurus kedepan.
  • gerakan lenting
lalu ada yang namanya gerakan lenting, beberapa tahapan dari gerakan lenting adalah sikap awal, pelaksanaan, dan sikap akhir.
  • sikap kayang
berikutnya adalah gerakan kayang, dimana gerakan ini sendiri adalah berdiri melatarbelangkangi matras dengan menggunakan kedua kaki yang sedikit terbuka, dan kedua tangan yang diayunkan kebagian belakang, keatas secara perlahan hingga kedua telapak tangan menapak pada bagian matras. Kemudian berdilah secara tegak.
  • sikap lilin
selanjutnya adalah sikap lilin, dimana gerakan ini sendiri merupakan tidur terlentang, dengan mengangkat kedua kaki lurus keatas secara bersamaan, lalu pingang ditopang dengan menggunakan kedua tangan. Sedangkan pundak pun harus menempel pada lantai.

Berbagai info mengenai macam-macam unsur gerakan dalam senam lantai yang sudah kami berikan dan ulas junga, semoga saja bisa bermanfaat untuk anda, dan yang pastinya bisa menjadi referensi anda untuk menambah wawasan mengenai yang namanya olah raga senam lantai ini.
Baca juga  Cara Teknik Dasar Memegang Bet Dalam Tenis Meja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *