Makromolekul Secara Umum

Kita tentu telah mengenal merk-merk produk, seperti nilon, teflon, dan plastik. Semua itu merupakan bahan sintetis yang tersusun dari senyawa makromolekul. Adapun pati, struktur genetis DNA, protein, karet alam, dan karbohidrat adalah senyawa makromolekul alami. Pada artikel ini kita akan membahas tentang Makromolekul Secara Umum.

Makromolekul adalah senyawa yang memiliki ukuran sangat besar, dapat berupa siklik (cincin), rantai, atau gabungan siklik dan rantai. Senyawa yang tergolong makromolekul adalah polimer dan biomolekul (karbohidrat dan protein). Polimer diartikan sebagai senyawa yang memiliki massa molekul besar membentuk rantai dengan satuan berulang.

Sebagian makromolekul mempunyai struktur yang teratur dan karakteristik, tersusun dari unit-unit terkecil yang berulang. Makromolekul ini dinamakan polimer dengan unit-unit terkecilnya dinamakan monomer. Pembentukan polimer dari monomer-monomernya dapat digambarkan seperti berikut.

Bagaimanakah struktur, penggolongan, dan sifat dari senyawa makromolekul itu? Teman-teman akan mengetahuinya setelah mempelajari artikel ini. Beberapa materi makromolekul yang akan kita bahas pada artikel ini diantaranya:

  1. Polimer
  2. Karbohidrat
  3. Protein
  4. Lemak/Lipid

Demikian pembahasan materi Makromolekul Secara Umum. Untuk bisa menguasai materi makromolekul secara menyeluruh, silahkan ikuti dan simak pembahasannya pada link di atas. Semoga bisa bermanfaat.

Baca juga  Asam Amino dan Protein Secara Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *