Memahami Berbagai Macam Jenis Pukulan Dalam Permainan Bulutangkis

Memahami Berbagai Macam Jenis Pukulan Dalam Permainan Bulutangkis. Permainan bulutangkis merupakan jenis olahraga yang memiliki berbagai macam pukulan. Pukulan adalah bentuk pertahanan yang dilakukan selama permainan berlangsung. Pukulan di lakukan untuk mengantarkan bola kea rah pertahanan lawana. Dalam pukulan di gunakan raket dan tangan yang kuat. Mungkin beberapa di antara anda suka menyaksikan pertandingan bulu tangkis namun belum mengetahui macam-macam pukulan yang ada dalam permainan bulutangkis. Nah, pada kesempatan ini mari memahami berbagai macam jenis pukulan dalam permainan bulutangkis sehingga kita tahu meskipun bukan pemain bulutangkis. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/berbagai-macam-jenis-pukulan-bulutangkis.html

Pembahasan ini juga akan menjadi bacaan yang bermanfaat bagi para siswa, karena di sekolah tentu mereka mempelajari dan mepraktekan jenis pukulan dalam bulutangkis yang di berikan setiap pelajaran olahraga.
6 MacamPukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis
 
1. Pukulan Servis
Servis adalah pukulan yang dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) secara menyilang menyebrangi net ke daerah lawan. Fungsi pukulan service adalah sebagai pembuka permainan.
 
2. Pukulan Lob (Clear)
Pukulan lob adalah pukulan untuk melambungkan shuttlecock setinggi mungkin dan mengarah ke belakang garis lapangan lawan supaya lawan kesulitan untuk menyerang. Pukulan lob dapat menguras tenaga lawan sehingga lawan akan kewalahan dan sulit mengembalikan shuttlecock.
 
3. Pukulan Dropshot
Pukulan dropshot adalah pukulan yang melampaui net dan jatuh di sisi depan lapangan lawan jika pemain lawan berdiri di belakang.
 
4. Pukulan Smash
Pukulan smash adalah pukulan yang tajam dengan keras, yang digunakan untuk mematikan langkah lawan dengan menjatuhkan shuttlecock secepat mungkin kelapangan lawan.
 
5. Pukulan Drive
Pukulan mendatar atau pukulan drive adalah salah satu teknik pukulan dalam olahraga badminton yang bisa mengakibatkan kok datang menyusur di atas net. Menurut arah dan kegunaannya, pukulan drive dibedakan menjadi tiga, yaitu:
  • Pukulan drive panjang adalah pukulan yang dihasilkan dengan mengarahkan shuttlecock ke area belakang permainan lawan. 
  • Pukulan drive setengah lapangan adalah pukulan untuk menjauhkan shuttlecock area tengah bagian samping lapangan lawan.
  • Pukulan drive pendek adalah pukulan yang dilakukan dengan mengarahkan shuttlecock agar jatuh dekat dengan net di daerah lapangan lawan.
6.    Pukulan Net (Netting)
Pukulan netting meupakan pukulan tersulit dalam bulutangkis. Permainan net (netting) mengandalkan perasaan pemain. Prinsip melakukan permainan net sebagai berikut:
a. Shuttlecock diambil di atas atau setinggi mungkin.
b. Shuttlecock dilambungkan serendah mungkin dengan net.
c. Shuttlecock dijatuhkan sedekat/ serapat mungkin dengan net.
d. Shuttlecock dipukul sewaktu masih di atas. Jika diambil di bawah akan memperlambat tempo permainan dan memberi kesempatan lawan untuk balik menyerang.

Baca juga  Induk organisasi bola voli nasional (PBVSI) dan internasional (FIVB)

Demikian macam-macam pukulan dasar yang ada dalam permainan bulutnagkis. Dengan mengetahui jenis-jenis pukuluan tersebut maka pemain bulu tangkis dapat menguasai dan mengetahui bagaimana cara menyerang lawannya sesuai kondisi saat itu.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *