Mengenal Induk Organisasi Sepak Bola Tingkat Nasional (PSSI) Dan Internasional (FIFA)

Mengenal Induk Organisasi Sepak Bola Tingkat Nasional (PSSI) Dan Internasional (FIFA). Tentu anda sangat menggemari sepak bola bukan? Jika ya, tentu anda tahu induk organisasi sepak bola seperti PSSI dan FIFA. Untuk menambah wawasan kita, jangan skedar mengenal sepak bolanya saja, yuk mari kita mengenal induk organisasi sepak bola tingkat nasional (PSSI) dan internasional (FIFA).
 
Kita akan mempelajari apa itu PSSI dan FIFA. Kapan organisasi tersebut di dirikan, untuk siapa, apa tugasnya dan tujuannya. Tidak perlu panjang lebar lagi, mari langsung kita bahas saja ke dua induk organisasi sepak bola yang sangat berperan penting dalam tonggak sejarah sepak bola di seluruh dunia ini.

Organisasi Sepak Bola Tingkat Nasional (PSSI)

http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/mengenal-induk-organisasi-sepak-bola.html
 
PSSI atau yang dipanjangkan menjadi persatuan sepak bola seluruh Indonesia adalah induk organisasi sepak bola tingkat nasional di Indonesai yang mengurus dan mengawasi sepak bola di Indonesai. PSSI berdiri pada tanggal 19 april 1930 yang diketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo. Pada tahun 1952, PSSI bergabung dengan FIFA. PSSi telah mengalami pergantian ketua umum sebanyak 15 kali, dan yang terakhir menjabat sebagai ketua umum adalah La Nyalla Mattalitti sejak 18 April 2015.
 
Tugas utama PSSI adalah mengatur dan mengawasi sepak bola Indonesia. Selain itu, PSSI berperan penting dalam mendukung dan memfasilitasi olahraga sepak bola di Indonesia. PSSI juga bertanggung jawab atas semua kegiatan-kegiatan pertandingan baik nasional amupun internasional.  Secara materil, PSSI adalah sumber semua anggaran dan pengeluaran untuk sepak bola Indonesia.

Organisasi Sepak Bola Internasional FIFA

http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/mengenal-induk-organisasi-sepak-bola.html
 
Berbeda dengan PSSI, FIFA atau kepanjangan dari federation internasional football association merupkan induk organisasi sepak bola internnasional yang membawahi organisasi sepak bola lainnya yang ada di setiap Negara, termasuk PSSI di Indonesia. FIFA didirikan di Perancis pada tanggal 21 Mei 1904.
 
Tugas umum FIFA adalah mempromosikan sepak bola serta mengatur dan mengawasi transef pemain antar tim. Dalam pemberian peringkat, FIFA memiliki hak untuk memberikan predikat gelar pemain terbaik dunia FIFA dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.
 
Dalam sistem hukum dan peraturan sepak bola, FIFA juga berkedudukan sebagai lembag yang berwenang membuat dan menetapkan aturan-aturan dalam sepak bola. Dari sector fundrishing, FIFA adalah sumber dana terbesar bagi penyelenggaraan sepak bola yang dipertandingkan antar Negara.
 
Dalam menjalankan tugasnya sebagai induk organisasi yang mengatur dan mengawasi jalannya sepak bola, FIFA memiliki asosiasi di beberapa benua yaitu, AFC di Asia, CAF di Afrika, CONMEBOL di Amerika Selatan, CONCACAI di Amerika Utara, Tnegah dan Karibia. OEC di Oceania dan UEFA di Eropa.
 
Demikian singkatnya mengenai induk organisasi sepak bola tingkat nasional (PSSI) dan internasional (FIFA). A 
Baca juga  Cara Melakukan Kombinasi Gerakan Renang Gaya Kupu-Kupu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *