Minyak Bumi dan Gas Alam

Minyak bumi (bahasa Inggris: petroleum, dari bahasa Latin: petrus – karang dan oleum – minyak) dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah suatu cairan kental yang berwarna coklat sampai hitam atau kehijauan, yang mudah terbakar dan berbau kurang sedap, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak bumi dan gas alam yang cukup banyak. Minyak bumi merupakan sumber alam yang sangat potensial karena dari minyak bumi dapat menghasilkan berbagai bahan bakar, seperti LPG (Liquified Petroleum Gas), minyak tanah, dan bensin. Selain itu senyawa yang berupa gas dan minyak bumi dipakai untuk produk industri seperti pupuk, obat-obatan, bahan peledak, karet sintetis, serat tekstil, dan plastik.

Sampai saat ini minyak bumi masih menjadi prioritas utama sebagai sumber energi, meskipun para ahli juga berupaya untuk mengembangkan alternatif energy selain minyak bumi, misalnya energi surya dan energi nuklir. Upaya para ahli tersebut mengingat minyak bumi termasuk di dalamnya gas alam, merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable resources).

Sekarang tahukah kalian bagaimana proses pembentukannya, bagaimana cara memperolehnya dan bagaimana cara memanfaatkannya agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan, lebih-lebih setelah terjadi kelangkaan BBM seperti sekarang ini?.

Dapatkah teman-teman membayangkan kehidupan kita tanpa minyak bumi? Tahukah kalian bahwa diperkirakan sekitar 20 tahun lagi cadangan minyak bumi Indonesia akan habis total dan Indonesia akan menjadi negara pengimpor minyak bumi? Mengapa akhir-akhir ini dunia diliputi kekhawatiran akan laju konsumsi minyak bumi yang semakin cepat? Mengapa sekarang ini di seluruh dunia sedang gencargencarnya mencari sumber energi alternatif pengganti minyak bumi? Sebenarnya apakah minyak bumi itu dan bagaimana terbentuknya di alam ini? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, silakan teman-teman ikuti pembahasan bab Minyak bumi dan Gas alam ini.

Baca juga  Daerah Pengilangan Minyak dan Gas Bumi di Indonesia

Mari kita simak ualasan yang akan kita bahas pada artikel minyak bumi dan gas alam ini, yaitu:

Demikian pembahasan secara umum Minyak Bumi dan Gas Alam dan contoh-contohnya. Silahkan ikuti link di atas untuk mempelajari pembahasannya secara lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *