Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi

Reaksi kimia dapat terjadi jika energy minimal untuk bereaksi dipenuhi oleh zat zat yang akan bereaksi. Dalam sebuah reaksi kimia yang terjadi dalam wadah misalnya, setiap molekul perekasi akan selalu bergerak ke segala arah. Gerakan ini memungkinkan terjadinya interaksi antara molekul molekul perekasi. Interaksi ini dapat berupa tumbukan. Tumbukan yang memiliki energy yang cukup akan membuat molekul molekul pereaksi saling berekasi. Energy ini disebut energy aktivasi. Semakin banyak terjadi tumbukan, maka laju reaksi akan semakin cepat.

Apa pengaruh suhu terhadap laju reaksi???
Suhu adalah bentuk energy yang dapat diserap oleh masing masing molekul perekasi. Ketika suhu zat zat yang akan bereaksi ditingkatkan, maka energy partikel akan semakin besar. Energy ini digunakan oleh molekul molekul pereaksi untuk bergerak lebih cepat. Jadi adanya kenaikan suhu akan mengakibatkan gerakan molekul pereaksi menjadi lebih cepat. Bayangkan saja dua mobil yang melaju cepat pada kondisi lalu lintas yang ramai, maka resiko tabrakan yang terjadi akan semakin besar. Tabarkan yang terjadi juga akan menghancurkan kedua mobil karena laju mereka yang cepat. 
Hal ini juga berlaku pada molekul pereaksi. Peningkatan suhu akan mengakibatkan energy kinetic kinetic partikel meningkat, akibatnya pergerakan molekul akan semakin cepat. Gerakan molekul yang semakin cepat juga akan meningkatkan jumlah tumbukan yang terjadi antar partikel. Jika terjadi tumbukan, maka energy tumbukan akan cukup besar untuk memungkinkan terjadinya reaksi antara kedua molekul. Artinya tumbukan efektif akan semakin banyak terjadi. Hal ini tentu akan mengakibatkan reaksi akan berlangsung lebih cepat.

“Suhu tinggi = energy kinetic partikel meningkat = semakin banyak tumbukan efektif yang terjadi antar partikel = laju reaksi meningkat”
Pada umumnya, setiap kenaikan suhu 100C, maka laju reaksi akan menjadi dua kali lebih cepat. Dengan menggunakan hubungan ini, jika laju awal reaksi pada suhu tertentu diketahui, maka kita dapat meramalkan berapa besar laju reaksi lain jika suhunya ditingkatkan. 
Rumusan :
Atau jika yang diketahui adalah waktu tempuh reaksi, kita dapat menggunakan rumus :
Keterangan : 
V1 = laju reaksi awal (pada duhu T1)
V2 = laju reaksi akhir (pada suhu T2)
t1 = waktu reaksi awal (pada suhu T1)
t2 = waktu reaksi akhir (pada suhu T2)
n = kenaikan laju reaksi
∆T = Perubahan suhu = T2 – T1
Harga n terantung berapa kali kenaikan laju reaksinya. Jika pada soal tertulis dua kali semula, maka harga n = 2, jika tiga kali semula maka harga n = 3, dan begitu seterusnya.
Angka 10 pada pembagi perubahan suhu juga tergantung pada soal. Misalnya jika setiap kenaikan 10 derajat, maka angka 10 kita pakai. Tetapi jika dalam soal tertulis setiap kenaikan 20 derajat, maka angka 20 yang kita pakai. Dan begitu seterusnya.
Contoh Soal dan Pembahasan :
Soal 1                   
Keniakan suhu dapat mempercepat laju reaksi karena . . . .
A. Kenaikan suhu akan memperbesar energy kinetic molekul pereaksi
B. Kenaikan suhu akan memperbesar tekanan molekul pereaksi
C. Kenaikan suhu akan memperkecil energy pengaktifan zat yang bereaksi
D. Kenaikan suhu akan memperbesar konsentrasi zat pereaksi
E. Kenaikan suhu akan memperbesar luas permukaan zat pereaksi

Pembahasan :
Jawabannya nya sudah jelas ya pasti A. keterangan silahkan baca pada materi singkat diatas.
Soal 2                 
Natrium tiosulfat direkasikan dengan asam klorida menurut persamaan reaksi :
Na2S2O3(aq) + 2HCl(aq)  2NaCl(s) + H2O(l) + SO2(g)
Beberapa percobaan berikut dilakukan untuk merekasikan natrium tiosulfat dengan asam klorida.
Laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh suhu ditunjukkan oleh percobaan nomor . . . .
A. 1 terhadap 2
B. 1 terhadap 3
C. 1 terhadap 4
D. 2 terhadap 3
E. 2 terhadap 4
Pembahasan :
Soalnya panjang ya . . . . tapi tenag jawabannya cukup singkat kok. Kalian juga bisa aplikasikan cara ini untuk menjawab soal tetang factor factor yang mempengaruhi laju reaksi lain seperti konsentrasi dan luas permuakaan.
Laju reaksi yang dipengaruhu oleh suhu adalah dua percobaan yang suhunya berbeda, sementara perlakuan lainnya sama (seperti konsentrasi pada soal)
Jika kita perhatikan pada gambar, dua percobaan yang menunjukkan suhunya beda, tetapi konsentrasi sama yaitu percobaan 2 dan 3.
Jawaban : D
Soal 3               
Harga tetapan laju reaksi bertambah dua kali lipat jika suhu dinaikkan 100C. pada suhu 400C reaksi A + B  C mempunyai harga laju reaksi x mol/L det. Jika reaksi berlangsung pada suhu 100C dan 800C, laju reaksi berturut turut sebesar . . . . mol/L det.
A. 1/8 x dan 8x
B. 1/8 x dan 16 x
C. ¼ x dan 4x
D. ¼ x dan 8x
E. ½ x dan 16x
Pembahasan:
Ayo bagaimana jawabnya??? Yang diketahui meningkat itu adalah konstanta laju reaksinya bukan laju reaksinya. Yag bingung . . .mari perhatikan ya . . .
Pada suhu 40 derajat C = laju reaksi = x
Reaksi : A + B  C
Persamaan umum laju reaksi = v = k [A]x [B]y = x
Harga k bertambah dua kali lipa setiap kenaikan suhu 10 derajat C
Jika suhunya turun 10 derajat C maka harga k nya tentu akan menjadi setengah kali semula.
Pada suhu 10 derajat C = suhu turun 30 derajat
Maka harga k akan menjadi = 1/8 kali semula (setiap turun 10 derajat maka harga k menjadi ½ kali semula = ½ x ½ x ½ = 1/8 )
Harga laju reaksi = v = 1/8 k [A]x [B]y = 1/8 x
Pada suhu 80 derajat C = suhu naik 40  derajat
Maka harga k akan menjad = 16 kali semula (setiap naik 10 derajat maka harga k akan menjadi 2 kali semula = 2 x 2 x 2 x 2 = 16)
Harga laju reaksi = v = 16 k [A]x [B]y = 16 x
Pakai nalar juga bisa sebenarnya. . . .jadi ini bukan cara baku ya. . . . . umumnya soal seperti ini hanya ada dalam bentuk objektif saja . . . 
Jawaban : B
Soal 4              
Suatu reaksi berlangsung 3 kali lebih cepat dari semula setiap kenaikan suhu 20 derajat celcius. Jika pada suhu 30 derajat reaksi berlangsung 3 menit, pada suhu 90 derajat, reaksi akan berlangsung selama . . . .menit.
A. 6
B. 3
C. 1
D. 1/3
E. 1/9
Pembahasan :
Pertama yang kalian harus ingat, bahwa suhu akan mempercepat laju reaksi. Reaksi cepat, maka waktu tempuh reaksi akan semakin sedikit. Jadi jawaban option A dan B pasti salah, karena pada soal suhunya meningkat maka reaksi akan berlangsung lebih cepat dari 3 menit. 
Diketahui : 
n = 3 
T1 = 30 derajat celcius
T2 = 90 derajat celcius
∆T = 90 – 30 = 60
t1 = 3 menit
t2 = . . . . .?
Jawaban : E

Soal 5             
Laju reaksi meningkat dua kali setiap kenaikan suhu 10 derajat celcius. Jika pada suhu 30 derajat celcius laju reaksi A + B  hasil adalah 4 x 10-4 M/s maka laju reaksi pada suhu 60 derajat celcius adalah . . . .?
Pembahasan :
n = 2 (dula kali lipat)
T1 = 30 derajat Celsius
T2 = 60 derajat Celsius
∆T = 60 – 30 = 30
V1 = 4 x 10-4 M/s
V2 = . . . .?
 
Baca juga  Cara Menghitung pH Garam Amfiprotik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *