Rangkuman Biologi tentang Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang adalah jalan utama bagi masuknya informasi antara sel syaraf seluruh tubuh menuju otak.

Sumsum tulang belakang adalah sel sel saraf yang berbentuk silinder datar. Pada orang dewasa, panjang sumsum tulang belakang adalah kira kira 43 cm dan memanjang dari batang otak sampai ke bagian ekor. Ujungnya terurai menyerupai ekor kuda dengan bentuk seperti benang benang halus.

Seperti bagian lain dari sistem syaraf, sumsum tulang belakang yang rusak tidak bisa diperbaiki atau memperbaiki diri. Sehingga kita harus menjaga bagian punggung kita dengan sangat hati hati.

Tugas utama sumsum tulang belakang adalah menyampaikan informasi dari dan ke seluruh tubuh dan otak.

Sumsum tulang belakang menerima informasi yang dibawa oleh neuron sensorik didalam saraf saraf spinal. Kemudian membawa perintah keotak. Setelah sampai diotak, informasi akan dianalisis dan kemudian diberikan perintah lagi melalui neuron motorik ke tubuh yang memerlukan tindakan.

Sumsum tulang belakang juga berperan penting dalam banyak gerakan refleks dalam tubuh. Refleks refleks yang muncul dilakukan tanpa berfikir sehingga tubuh dapat merespon dengan cepat untuk menghindar dari bahanya.

Bagian Dalam Sumsum Tulang Belakang
Sumsum tulang belakang terdiri atas 2 bagian utama. Bagian dalam adalah substansi kelabu yang berbentuk huruf H. Substansi ini beeisi neuron asosiasi yang menyampaikan informasi antara sumsum tulang belakang dan saraf saraf spinal.

sumsum tulang belakang

Bagian luar sumsum tulang belakang berisi saraf / akson yang berfungsi untuk menyampaikan informasi sepanjang sumsum tulang belakang atau dari dan me otak.

Kemudian dibagian paling luar terdapat tiga buah selaput yanv melindungi sumsum tulang belakang. Ada juga cairan yang disebut cairan serebrospinal yang mengalir di antara selaput selaput pelindung bagian dalam. Cairan ini berfungai untuk memberi nutrisi pada sumsum tulang belakang dan menjaganya dari benturan.

Baca juga  Bisakah Manusia Membuat Cahaya?

Serat syaraf sensori masuk ke bagian dalam sumsum tulang belakang dari syaraf spinal sedangkan sel saraf motorik meninggalkan bagian depan sumsum tulang belakang untuk bergabung dengan saraf spinal.

Sumsum tulang belakang dan saraf spinal.
Sumsum tulang belakang memanjang dari otak ke bawah sampai tepat dibagian tengah tubuh. Jaringan sumsum tulang belakang yang lunak dilindungi oleh tulang punggung. Saraf akan keluar secara teratur melalui celah celah antar ruas tulang punggung. Biasanya saraf motorik akan keluar ke bagian depan dan saraf sensorik akan keluar ke bagian belakan tulang.

Dibagian dalam leher dan punggung bawah sel saraf akan membentuk hubungan hubungan yang disebut dengan pleksus, tempat saraf besar berasal.

Sumsum Tulang Belakang Dilindungi Oleh Tulang Belakang.

sumsum tulang belakang
Sumber gambar : softilmu.com


Kenapa harus dilindungi? Jawabannya adalah karena sumsum tulang belakang adalah jaringan yang lunak. Pada setiap ruas tulang belakang terdapat rongga yang akhirnya membentuk tempat bagi sumsum tulang belakang. Sedangkan saraf spinal akan keluar dari celah yang ada diantara ruas ruas tulang belakang.

Bagaimana Bentuk Neuron Pada Sumsum Tulang Belakang.

Rangkuman Biologi tentang Sumsum Tulang Belakang
Sumber gambar : alamy.com

Gambar diatas menunjukkan bentuk dari neuron sumsum tulang belakang. Badan sel yang berada dibagian tengah dihubungkan ke sel neuron lainnya oleh dendrit. Selain menerima informasi dan meneruskan nya ke otak, ada juga informasi yang langsung diberikan perintah oleh sumsum tulang belakang ke otot – otot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *