Ringkasan Biologi tentang Sistem Saraf

Sistem saraf adalah yang berranggung jawab dalam mengkoordinasi dan mengontrol aktivitas tubuh. Sistem saraf ini dibentuk oleh miliaran sel saraf. Sel sel syaraf saling terhubung satu sama lain untuk membentuk jaringan koordinasi yang sangat luas, mencangkup seluruh bagian tubuh.

Sel sel saraf membawa pesan dalam bentuk impuls listrik. Impuls – impuls ini bergerak dengan kecepatan tinggi diseluruh tubuh agar tetap terpelihara dan berfungsi dengan baik. Banyangkan saja ketik kaki kita menginjak pecahan kaca, secara reflek kita langsung mengangkat kaki. Padalah sinyal atau impuls tadi baru saja melalui otak, kemudian otak memerintahkan kita untuk mengankat kaki. Sungguh luar biasa kecepatan impuls dalam bergerak.

Ringkasan Biologi tentang Sistem Saraf
Image by: wikipedia.org

Sistem saraf dibagi kedalam dua bagian utama yaitu:
1. Sistem Saraf Pusat
Sistem saraf pusat dibentuk oleh sumsum tulang belakang dan otak. Tugasnya adalah menerima informasi dari seluruh bagian tubuh kemudian menganalisis dan menyimpan informasi itu dan kemudian mengirimkan perintah berdasarkan informasi yang diterima.

2. Sistem Saraf Tepi (Perifer)
Sister saraf ini bertugas untuk membawa informasi dari dan keseluruh tubuh dan juga menerima informasi untuk dibawa ke syaraf pusat.

Berikut adalah contoh sederhana bagaimana sostem saraf tepi dan pusat bekerja:

Ada sebuah truk yang melaju sangat cepat ke arah kita. Mata kemudian melihat itu dan mengirimkan informasi melalui saraf ke otak. Dalam hitungan detik otak akan memproses informasi itu kemudian mengirimkan perintah agar kita menghindar dari jalan sehingga kita tidak ditabrak.

Bagian Bagian Sistem Saraf
Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa sistem saraf dibagi menjadi dua yaitu sistem syaraf pusat dan sistem saraf tepi/ perfer.

Baca juga  Kenapa Tumbuhan Banyak yang Berwarna Hijau?

Sistem saraf perifer terdiri atas tiga bagian :
1. Neuron Sensorik yang bertugas menghantarkan informasi yang terjadi di dalam dan diluar tubuh kepada sistem saraf pusat (otak).

2. Neuron motorik sistem saraf somatik bertugas menghantarkan informasi ke otot otot sehingga mengerakkan bagian tubuh tertentu misalnya tangan, kaki dll.

3. Neuron motorik sistem saraf autonomik yang bertugas membawa perintah dari sistem saraf pusat ke organ organ dan kelenjar. Perintah sistem saraf ini juga termasuk mengontrol pernapasan, detak jantung. Ada dua bagian jenis saraf ini yaitu sistem simpatik dan parasimpatik.

Siatem saraf menyebar dari sistem saraf pusat keseluruh bagian tubuh. Ada 12 saraf kranial yang berasal dari otak dan 31 pasang syaraf spinal yang berasal dari tulang belakang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *