Senyawa Polialkohol

Selain senyawa monoalkohol, ada beberapa alkohol yang mengandung gugus -OH lebih dari satu dan disebut senyawa polialkohol. Senyawa polialkohol adalah senyawa alkohol yang mempunyai gugus -OH lebih dari satu struktur. Polialkohol yang mempunyai dua gugus -OH diberi nama alkanadiol. Polialkohol yang mempunyai tiga gugus -OH diberi nama alkanatriol. Contoh: etilen glikol (1,2-etanadiol), gliserol (1,2,3-propanatriol).

1). Etilen Glikol

Etilen glikol mempunyai nama IUPAC 1,2-etanadiol dengan rumus struktur:

Etilen glikol berwujud cair agak kental, rasanya manis, dan bersifat racun. Etilen glikol dibuat dengan mengoksidasi etena dengan oksigen atau oksidator kuat lain, dilanjutkan dengan proses hidrolisis. Reaksi pembuatan etilen glikol dilakukan pada suhu 250 $^circ$C dengan menggunakan katalisator serbuk Ag. Reaksinya adalah sebagai berikut:

Etilen glikol digunakan sebagai pelarut, bahan pelembut, bahan baku pembuatan serat, dan sebagai zat antibeku pada radiator mobil.

2). Gliserol

Gliserol mempunyai sifat yang mirip dengan glikol, yaitu zat cair yang mudah larut dalam air, rasanya manis, wujudnya agak kental, bersifat higroskopis. Gliserol diperoleh pada reaksi pembuatan sabun. Nama IUPAC gliserol adalah 1,2,3-propanatriol dengan rumus struktur:

Gliserol digunakan sebagai bahan pemanis untuk penderita diabetes. Selain itu juga digunakan untuk membuat bahan peledak nitrogliserin, bahan baku pembuatan plastik, pelembap pada tembakau, dan bahan kosmetik.

Demikian pembahasan materi Senyawa Polialkohol dan contohnya. Semoga materi bermanfaat buat kita sebagai pelengkap dari materi senyawa alkohol.

Baca juga  Sifat Sifat dan Pembuatan Eter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *