Sifat Sifat Sinar Radioaktif

Sifat-sifat Sinar Radioaktif. Adapun sifat-sifat dari sinar alfa ($alpha$), beta ($beta$), dan gamma ($gamma$) adalah sebagai berikut.

1. Sinar Alfa ($alpha$)

Radiasi ini terdiri dari seberkas sinar partikel alfa. Radiasi alfa terdiri dari partikel-partikel yang bermuatan positif dengan muatan +2 dan massa atomnya 4. Partikel ini dianggap sebagai inti helium karena mirip dengan inti atom helium ($_2^4$He). Sewaktu menembus zat, sinar $alpha$ menghasilkan sejumlah besar ion. Oleh karena bermuatan positif partikel $alpha$ dibelokkan oleh medan magnet maupun medan listrik. Partikel $alpha$ memiliki daya tembus yang rendah. Partikel-partikel alfa bergerak dengan kecepatan antara 2.000 – 20.000 mil per detik, atau 1 – 10 persen kecepatan cahaya. Produksi partikela oleh inti radioaktif dapat digambarkan oleh suatu persamaan inti, dengan reaksi seperti berikut.
$ begin{align} _{, , 92}^{238}U rightarrow , , _{, , 90}^{234}Th + _2^4He end{align} $

2. Sinar Beta ($beta$)

Berkas sinar $beta$ terdiri dari partikel-partikel yang bermuatan negatif dan partikel $beta$ identik dengan electron ($_{-1}^{, , , 0}$e). Sinar beta mempunyai daya tembus yang lebih besar tetapi daya pengionnya lebih kecil dibandingkan sinar $alpha$ . Berkas ini dapat menembus kertas aluminium setebal 2 hingga 3 mm.

Partikel beta juga dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet , tetapi arahnya berlawanan dari partikel alfa. Selain itu partikel $beta$ mengalami pembelokan yang lebih besar dibandingkan partikel $alpha$ dalam medan listrik maupun dalam medan magnet. Hal itu terjadi karena partikel $beta$ mempunyai massa yang jauh lebih ringan dibandingkan partikel $alpha$ . Produksi partikel $beta$ oleh inti radioaktif dapat digambarkan oleh suatu persamaan inti dengan reaksi seperti berikut:
$ begin{align} _{, , 90}^{234}Th rightarrow , , _{, , 91}^{234}Pa + _{-1}^{, , , 0}e end{align} $

3. Sinar Gamma ($gamma$)

Beberapa proses peluruhan radioaktif yang memancarkan partikel $alpha$ atau $beta$ menyebabkan inti berada dalam keadaan energetik, sehingga inti selanjutnya kehilangan energi dalam bentuk radiasi elektromagnetik yaitu sinar gamma ($gamma$). Sinar $gamma$ mempunyai daya tembus besar dan berkas sinar ini tidak dibelokkan oleh medan listrik maupun medan magnet. Sinar $gamma$ mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek. Perhatikan gambar berikut ini:

Gambar: daya tembus sinar radioaktif

Gambar: Sinar radioaktif diuraikan oleh medan magnet

Baca juga  Sifat Fisika dan Kimia Unsur Radioaktif

Jadi, dapat disimpulkan bahwa:

  1. berdasarkan daya tembusnya: $alpha < beta < gamma $ , dan
  2. sinar $alpha$ bermuatan positif sehingga dalam medan listrik dibelokkan ke kutub negatif, sedangkan sinar $beta$ bermuatan negatif sehingga dibelokkan ke kutub positif, serta sinar $gamma$ tidak dibelokkan oleh medan magnet karena tidak bermuatan.

Selain ketiga sinar di atas, juga terdapat partikel dasar unsur radioaktif. Perhatikan tabel berikut ini:

Demikian pembahasan materi Sifat-sifat Sinar Radioaktif dan contoh-contohnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *