Soal Pemantulan Cahaya

Soal Pemantulan Cahaya

PP I 1979
1. Seberkas sinar sejajar mengenai permukaan cermin datar. Cermin itu kemudian diputar melampaui suatu sudut . Beda sudut sinar  terpantul sebelum dan sesudah cermin diputar adalah ….

A. /2
B. 2
C. 2,5
D. 3
E. 4

Tes ITB 1979
2. Seseorang dengan tinggi badan 170 cm tidak mungkin melihat seluruh bayangan dirinya pada sebuah cermin datar ukuran 90 cm x 90 cm.

                                                                           SEBAB

Cermin datar selalu menghasilkan bayangan yang sama ukurannya dengan bendanya.

UMPTN 2000
3. Dua buah cermun datar  x dan y salaing berhadapan dan membentuk sudut . Seberkas sinar  menuju x dengan sudut datanghingga dipantulkan ke y. Sinar tersebut meninggalkan y dengan sudut pantul sebesar ….

A. 

B.

C.
D.
E.

UMPTN 1992 Rayon C
4. Seberkas sinar  mengenai sistem optik  yang terdiri atas dua cermin datar yang saling tegak lurus. setelah berkas sinar mengalami pemantulan dua kali  maka arah berkas sinar ….

A. Menuju sinar datang
B. Memotong sinar datang
C. Tegak lurus sinar datang
D. Sejajar dan berlawanan dengan arah sinar datang
E. Sejajar dan searah dengan sinar datang

UMPTN 1990 Rayon A
5.

Pada gambar di atas, seorang pengamat berdiri di depan cermin datar sejauh x meter. Agar ia dapat melihat seluruh lebar dinding yang berada di belakangnya, maka harga x maksimum adalah ….

A. 1 m
B. 1,2 m
C. 1,4 m
D. 1,5 m
E. 21 m

6.

Dua buah cermin datar disusun berhadapan membentuk sudut , Kemudian  seberkas sinar mengenai cermin pertama membentuk sudutterhadap cermin seperti tampak pada gambar. Besar sudut pantul pada cermin kedua adalah ….

Baca juga  Soal Alat Optik

A. 

B.

C.
D..
E.

7.

Dua buah cermin datar di susun berhadapan sejajar berjarak 8 cm, panjang cermin 80 cm, tepat pada salah satu ujung cermin, datang seberkas cahaya dengan sudut datang . Di dalam cermin terjadi pemantulan beberapa kali, banyaknya pantulan yang terjadi pada proses pemantulan tersebut adalah ….

A. 7 kali
B. 8 kali
C. 9 kali
D. 10 kali
E. 11 kali.

8.

Seorang pengamat melakukan pengamatan pada cermin datar yang terpasang pada dinding, ketika orang tersebut berjarak Q = 1 meter di depan cermin orang tersebut tepat melihat ujung atas dan ujung bawah sebuah pohon pada cermin, tinggi pengamat T = 160 cm, jarak pohon dari dinding cermin P = 6 m, tinggi cermin bagian atas ke tanah SW = 2 meter. Tinggi pohon yang diamati orang tersebut adalah ….

A. 4,4 m.
B. 3,4 m
C. 5,4 m
D. 2,8 m
E. 4,8 m

9. Seorang pengamat melakukan pengamatan pada cermin datar yang terpasang pada dinding seperti pada nomor 8, ketika orang tersebut berjarak Q = 1 meter di depan cermin orang tersebut tepat melihat ujung atas dan ujung bawah sebuah pohon pada cermin, tinggi pengamat T = 160 cm, jarak pohon dari dinding cermin P = 6 m, tinggi cermin bagian atas ke tanah SW = 2 meter. Jarak ujung bawah cermin ke tanah adalah ….

A. 137 cm.
B. 125 cm
C. 120 cm
D. 110 cm
E. 130 cm

10. Jarak benda dan bayangan yang terbentuk pada cermin datar adalah 120 cm, kemudian benda digeser 10 cm menjauhi cermin datar. Jarak antara benda dan bayangan sekarang adalah ….

A. 150 cm
B. 160 cm
C. 155 cm
D. 140 cm
E. 170 cm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *