Standar Ukuran, Berat, Dan Bahan Bola Badminton (Shuttlecock)

Standar Ukuran, Berat, Dan Bahan Bola Badminton (Shuttlecock). Permainan bulu tangkis merupakan cabang olahraga raket yang menggunakan raket dan shuttlecock atau kok. Ke duany merupakan peralatan yang harus ada selama pertandingan berlangsung. Jika raket digunakan sebagai pemukul, lalu apa kok itu sendiri? Untuk lebih memahami tentang Kok atau Shuttlecock, anda bisa mempelajarinya di sini. Kali ini akan di bahas mengenai standar ukuran, berat dan bahan bola badminton (Shuttlecock).
Tahukah anda, dalam permainan badminton telah ditentukan standar shuttlecock yang layak dipakai untuk pertandingan atau kejuaraan nasional maupun internasional.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/standar-ukuran-berat-shuttlecock.html

Apa itu Kok?
Kok atau Shuttlecok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis yang terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kernet terbuka. Memiliki pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus.
Istilah shuttlecock di adaptasi dari bahasa Inggris yaitu cock yang berarti ayam jantan, karena sebelum menggunakan bulu angsa, kok di buat dari bulu ayam. Kemudian, kata cock berubah menjadi shuttlecock agar tidak mengandung unsure arti negative.

Standar Ukuran, Berat dan Bahan Bola Bulu Tangkis
Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang dipertandingkan di tingkat nasional dan internasional. Oleh karena itu, di butuhkan peralatan yang memenuhi standard an kelayakan untuk di pakai. Standar dan kelayakan juga di tekankan pada Shuttlecock. Baik induk organisasi bulu tangkis nasional amupun internasional telah menentukan standar-standar ukuran untuk shuttlecock.
Menurut standar yang di keluarkan oleh badan federasi bulu tangkis dunia atau BWF, kok mempunyai karakteristik sebagai berikut:
1. Bahan
Menurut standar BWF, kok di buat dari bulu angsa putih yang di tancapkan pada sebuah bola dari bahan busa karet.Bulu angsa dipilih karena lebih baik di bandingkan jenis bulu lainnya.
2. Jumlah Bulu
Kok standar internasional memiliki 16 bulu angsa yang menancap dan mengelilingi bola karet. Jumlah 16 bulu ini dimaksudkan agar shuttlecock lebih simetris dan dapat memiliki daya kecepatan yang cepat namun stabil saat melambung.
3. Panjang Bulu
Standar panjang bulu kok harus sama yaitu antara 62 mm dan 70 mm.
4. Ukuran
Ujung dari bulu-bulu harus membentuk lingkaran dengan panjang diameter antara 58 mm dan 68 mm.
5. Semua bulu harus tergabung menjadi satu kesatuan yang kuat.
6. Diameter
Pangkal kok yang berbentuk setengah bola harus memiliki panjang di ameter antara 25 mm dan 28 mm.
7. Berat
standar kok seluruhnya harus antara 4,47 gram dan 5,50 gram.
 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai standar ukuran, berat dan bahan bola badminton yang telah di tetapkan oleh BWF. Tentunya ada maksud dan tujuan mengapa shuttlecock bulutangkis di buat sedemikian rupa seperti mengikuti aturan yang ada di atas, tidak lain adalah untuk menciptakan bola yang berkualitas, dapat melambung dengan sempurna di udara. 
Baca juga  Induk Organisasi Basket Internasional (FIBA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *