Syarat Untuk Menjadi Penjaga Gawang (Kiper) Hebat

Beberapa Syarat Atau Hal Dasar Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Penjaga Gawang (Kiper) Hebat. Penjaga gawang atau Keeper dalam sepak bola adalah pemain yang sangat penting. Keeper adalah pemain yang bertugas menjaga gawang pertahanan tim agar di mana ia harus menghentikan bola yang ditembakkan oleh lawan sehingga tidak terjadi gol. Tentu menjadi seorang keeper harus lah pandai dan memiliki skill yang baik dalam menjaga pertahanan gawan dan menangkap bola. Jika kita perhatikan, seorang keeper tentu bertubuh besar dan tinggi serta terlihat kuat dan berani. Lalu bagaimana syarat dan dasar-dasar yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi keeper? Mari kita bahas beberapa syarat atau hal dasar yang harus dimiliki untuk menjadi seorang penjaga gawang (kiper) hebat. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/hal-dasar-yang-harus-dimiliki-kiper.html

Persyaratan Fisik Untuk Menjadi Penjaga Gawang:

1. Bertubuh Besar dan Tinggi
menjadi seorang kiper tentu harus memiliki postur yang besar dan tinggi. Karena ini berkaitan dengan tugas utamanya untuk menangkap dan menghentikan bola yang ditembakan oleh lawan ke gawang pertahanannya. Kalau kita perhatikan, smeua kiper memiliki tubuh yang tinggi sebut saja Van Der Sar.
 

2. Powerfull (Daya Tahan Tubuh Kuat)
aktivitas seorang kiper cukup berat dan menguras tenaga, oleh karena itu seorang kiper harus memiliki tubuh yang kuat serta daya tahan fisik yang kuat.
 
3. Tangan Harus Terlatih, Cepat dan Kuat Untuk menangkap Bola
karena seorang keeper lebih banyak bekerja menggunakan tangan untuk menghentikan bola, maka tangan harus kuat dan tidak ada cidera.

Hal-Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Kiper Yang Hebat:

1. Keberanian

Seorang di tuntut untuk berani dalam mengantisipasi dan mengambil bola yang melambung ke arah gawangnya. Selain itu, haru berani beradu badan dengan pemain lainnya.

Baca juga  Cara Melakukan Bounce Pass Dalam Basket

2. Determinasi

Harus mampu dalam pengambilan keputusan dan kecepatan (determinasi). Jika tidak memiliki determinasi yang baik, lawan akan mudah menembakkan bola ke gawang.

3. Penglihatan yang tajam.

Penglihatan yang baik dan tajam sangat vital bagi seorang kiper. Mata yang baik akan membantu kiper menjalankan tugasnya dengan baik, mulai dari melakukan umpan panjang, mempredikisi arah bola serta membaca gerakan penendang penalti dari mata si penendang.

4. Teknik Handling

Teknik handling sangat penting bagi seorang kiper, apbila memiliki kemampuan handling yang baik tentu akan mempermudah dalam menangkap bola. Lakukan dengan menempatkan jari jempol di belakang bola sekaligus perhatikan lutut dan kaki agar dapat mengantisipasi apabila bola tiba-tiba terlepas.

5. Teknik Jumping, Picking dan Daya Jangkau
ketiganya harus dikuasai seorang kiper. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan daya jangkau, yaitu sejauh mana seorang kiper dapat melompat dan meraih bola.

6. Posisi

Seorang kiper juga harus pandai memposisikan tubuh. Semakin baik posisi yang ditempati akan semakin mudah dalam menghindari serangan lawan. Oleh karena itu kiper harus cermat dan memperhatikan cara berpijak. Jarak tubuh dari gawang, dan berada pada sudut berapa dan dimana kira-kira lawan akan membidik dari posii yang ditempati oleh seorang kiper.

7.Refleks
Reflek adalah point yang sangat penting untuk menjadi seorang kiper. Refleks merupakan kecepatan bereaksi terhadap bola yang sering berubah arah karena deflect atau hal lain.

8. Konsentrasi
Seorang kiper harus fokus setiap saat agar tidak terjadi gol mendadak tanpa tangkisan.

9. Skill Intersepsi

Intersepsi ialah kemampuan membaca arah bola dan mengcover sudut. Skill Ini sangat penting bagi seorang kiper karena akan diperlukan saat akan menutup sudut, sehingga lawan semakin sulit menembakan bola. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *