Tahukah Kamu Fakta Unik dari Kimia Ini?

Banyak kejadian dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari hari, yang sebenarnya belum kita sadari kegunaannya atau atau belum kita ketahui sifat sifatnya. Nah berikut 5 fakta tentang kejadian atau benda yang akan membuat kamu mengaga kalau mengetahuinya.

1. Petir menghasilkan ozon

Tahu petir??? Ya iya lah, kebanyakan orang takut dengan suaranya apalagi kalau kena sambar petir, hi hi hi sereeeem.

Tali percayalah babwa petir adalah peristiwa alami yang menghasilkan ozon. Ozon adalah molekul yang mengandung tiga buah atom oksigen yang menyelimuti stratosfer bumi.

Apa gunanya? Ozon adalah pelapis stratosfer bumi yang berguna untuk menyaring sinat matahari sehingga sinar ultraviolet yang berbahaya tidak masuk dan mengenai kulit kita. Jika sinar UV ini kena kulit, maka banyak penyakit yang akan muncul, seperti kanker kulit. Iiiiiiiih jauh lebih sereeem bukan dibandingkan suara petir.

Nah walaupun petir sepertinya tidak berguna dan menakutkan bagi kita, ternyata ia sangat berperan penting dalam menjaga bumi ini. Salah satunya adalah menghasilkan ozon.

Salab satu bukti bahwa petir itu menghasilkan ozon adalah dari baunya. Ozon memiliki bau yang khas, sehingga sering setelah petir datang kita bisa merasakan udara disekitar kita akan sangat bersih.

Jadi jangan takut petir lagi ya.

2. Air itu volumenya akan bertambah ketika membeku.

Masa iya sih. Nah coba kalian buat es batu sekarang dirumah dengan menggunakan plastik. Isi dengan air sampai plastiknya penuh. Kemudian bekukan di dalam frezer kulkas.

Setelah semua air membeku, kalian akan lihat bahwa es dalam plastiknya membengkak dan volumenya bertambah. Kenapa begitu ya?

Alasannya sangat sederhana yaitu molekul air dalam wujud cair tidak teratur dan saling bersinggungan satu sama lain. Tetapi ketika air dibekukan, molekul air akan tersusun rapi sehingga menyisakan ruang kosong diantara molekum molekulnya. Coba perhatikan gambar berikut :

Oleh karena itulah volumenya sedikit bertambah ketika air membeku.

Baca juga  Contoh Soal Menentukan Trayek pH larutan Asam - Basa

3. DNA adalah bahan alami anti-api

Penelitian menunjukkan bahwa ketika baju katun di selimuti oleh DNA, mungkin dioleskan ke permukaan baju, maka akan dapat menurunkan nyala api.

Wah warbiasyah. Hal ini disebabkan oleh fosfor yang ada di dalam DNA. Ketika terbakat, maka fosfornya akan berubah menjadi akan berubah menjadi asam fosfat, yang bertugas untuk menggantikan air yang terdapat pada kain katun dan kemudian bertindak sebagai bahan anti api. Hal ini akan mengurangi nyala apindan kemudian padam.

4. Satu inchi air hujan setara dengan 10 inchi salju.

Ketika suhu udara sekitar 30 derajat Fahrenheit, maka setiap inchi air hujan yang turun akan berubah menjadi salju dengan panjang 10 inchi.

5. Airbag pelindung benturan kepala di mobil, sebenarnya diisi dengan garam natrium azida yang sangat beracun.

Wah saya baru tahu. Kenapa harus zat beracun itu. Nanti kalau bocor, bukannya kena tabrakan saya metong, tetapi malah karena zat beracunnya. Wkwkwkw

Tentunya airbag mobil dibuat denfan sangat kuat sehingga penggunaan zat beracun ini aman.

Apa fungsinya?? Ketika tabarakan terjadi, mobil akan mengirimkan impuls listrik yang akhirnya akan menaikkan suhu dari garam natrium azida sehingga zat tersebut akan terurai menjadi gas nitrogen yang tidak berbahaya sehingga mendorong airbag keluar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *