Tata Cara Melakukan Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok Yang Benar

Tata Cara Melakukan Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok Yang Benar. Lompat jauh sendiri merupakan salah satu cabang olah raga atletik yang populer diseluruh dunia. Selain itu juga cabang olah raga ini pun paling sering juga diperlombakan dalam berbagai macam kompetisi olah raga dunia. Pengertian dari lompat jauh ini sendiri adalah melakukan suatu gerakan melompat yang menggunakan tumpuan pada satu kaki baik itu kaki kanan ataupun kiri supaya bisa menghasilkan jarak yang sejauh mungkin. Lalu titik pendaratan dari lompatan tersebut diukur, mulai dari papan tolakan hingga batas terdekat dari titik pendaratan yang sudah berhasil dihasilkan. Untuk melakukan yang namanya lompat jauh iuni pun ada berbagai macam gaya yang biasanya sering dipakai, salah satunya adalah gaya jongkok. Berikut kami akan mengulas mengenai tata cara melakukan teknik lompat jauh gaya jongkok yang benar, diantaranya yaitu :
http://www.tutorialolahraga.com/2015/11/teknik-lompat-jauh-gaya-jongkok.html

1. awalan
tahapan pertama dari  lompat jauh menggunakan gaya jongkok ini adalah awalan, dimana para pelompat harus melakukan awalan dengan cara berlatri sprint, supaya bisa berkonsesntrasi saat ingin melakukan yang namanya tolakan. Pastikan juga kalau kecepatan lari saat awalan ini tidak berkurang dan tetap konsistent.
 
2. tumpuan
selanjutnya adalah melakukan yang namanya tumpuan, dimana tumpuan ini sendiri merupakan perpaduan dari lari dan melayang.  Ketepatan saat melakukan tumpuan ini pun di tentukan oleh besarnya tenaga tolakan yang sudah dihasilkan oleh kaki supaya hasil lompatannya pun lebih maksimal lahgi. Tumpuan ini sendiri bisa digunakan pada kaki kanan ataupun kiri, tergantung kaki mana yang lebih nyaman ataupun kuat untuk dipakai saat ingin bertumpu. Saat ingin melakukan tumpuan, pastikan kalau tubuh condong kearah depan, dengan tubuh yang dibuat lebih tegap. Sudut dari tumpuan ini sekitar 50 hingga 60 derajat.
 
3. melayang
gerakan melayang ini sendiri dilakukan saat pelompat sudah menumpu pada balok tumpuan, lalu posisi badan dibuat condong kearah depan, supaya terangkat melayang keudara, dengan mengangkat kedua lengan keatas. Selain itu juga kaki tumpuan pun harus diluruskan, dan pada saat sudah melayang badan dibuat lebih rileks lagi, supaya hasil lompatan menjadi lebih maksimal lagi. Kemudian saat berada diudara maka harus melakukan yang namanya sikap jongkok, dan kaki diayunkan kearah depan supaya bisa membantu mengangkat titik berat tubuh.
 
4. mendarat
tahapan yang terakhir adalah dengan melakukan yang namanya pendaratan, dimana saat ingin mendarat ini maka pelompat harus menjulurkan keudara kedua tangannya  sejauh mungki, supaya tubuh tidak kehilangan yang namanya keseimbangan. Badan pun harus dibungkukkan  dan tangan juga dijulurkan kearah depan, ketika sudah waktunya melakukan pendaratan maka lutut pun dibengkokkan .
Baca juga  Cara Teknik Dasar Memegang Bet Dalam Tenis Meja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *