Ukuran Serta Berat Bola Basket Standar Nasional Dan Internasional

Ukuran Serta Berat Bola Basket Standar Nasional Dan Internasional. Bola basket merupakan cabang olahraga yang popular di berbagai belahan dunia. Awalnya, basket merupakan permainan yang popular di kawasan Amerika, kemudian menyebar ke eropa, afrika, asai dan benua lainnya. permainan ini menggunakan bola sebagai sebagai alat utama untuk menentukan point.
Di Indonesia, permainan bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di tingkat nasional maupun internasional. Di Indonesia, bola basket memiliki organisasi yang menaunginya yaitu PERBASI atau Persatuan Basket Seluruh Indonesia. Sementara untuk turnamen ada NBL atau National Basket League. Di sini akan menjelaskan mengenai ukuran serta berat bola basket standar national dan internasional. 
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/08/ukuran-berat-bola-basket.html

Berdasarkan standar ukuran dan berat bola basket untuk nasional dan internasional telah di tetapkan oleh kesatuan organisasi bola basket dunia. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan-penjelasan menegnai ukuran dan berat bola basket pada pembahasan berikut.

Ukuran dan Berat Bola Basket Standar Nasional dan Internasional

Sebenarnya tidak ada perbadaan ukuran dan berat bola basket secara nasional dan internasional. Secara general ukuran dan berat bola sudah di tetapkan oleh beberapa organisasi seperti FIBA, NBA dan NCAA. Di Indonesia aturan mengenai ukuran dan berat bola basket mengikuti ketetapan yang sudah di buat pihak-pihak yang bernaung di dalam organisasi bola basket internasional.
Adapun beberapa perbedaan ketetapan mengenai ukuran dan berat bola basket di antaranya:
1. Ukuran Bola Basket Secara Geberal untuk standar nasional dan internasional
Secara general, ukuran dan berat bola basket yang berlaku untuk standar nasional dan internasional yaitu memiliki keliling antara 75 cm sampai 78 cm. sementara untuk beratnya di antara 600 gr sampai 650 gr.

2. Ukuran Bola Basket Standar FIBA
Berdasarkan ketetapan FIBA, ukuran bola basket yang disetujui yaitu memiliki keliling 749 mm sampai 780 mm denganberat antara 567 gr sampai 650 gr.
3. Ukuran Bola Basket Standar NBA
Untuk pertandingan NBA, ukuran bola basket yang di setujui yaitu 749,3 mm sampai 755,65 mm dengan berat 623,7 gram/
4. Ukuran Bola Basket Standar NCAA
NCAA menetapkan standar ukuran bola basket untuk keliling bola antara 749,3 mm sampai 762 mm dengan berat 567 sampai 623,7 gram.
5. Ukuran Bola Basket Berdasarkan Pertandiangan
Untuk jenis pertandingan menggunakan bola basket dengan beberapa ukuran antara lain 5,6 dan 7. Ukuran 7 dipakai untuk pertandingan professional, ukuran 6 untuk pertandingan resmi tingkat SMP sementara ukuran 5 untuk pertandingan resmi anak SD.
 
Demikian ukuran dan berat bola basket standar nasional dan internasional yang perlu kita ketahui. Penting sekali untuk mengetahui ukuran berat bola basket terutama bagi para penyelenggara turnamen ataupun pertandingan tingakat nasional dan internasional. 
Baca juga  Macam Macam Teknik Passing pada Permainan Basket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *